minuman alami penghancur batu ginjal transformed

6 Minuman yang Merupakan Penghancur Batu Ginjal Alami

Batu ginjal bisa menjadi penyakit yang serius jika sampai menyumbat dan menginfeksi saluran kemih. Oleh karena itu, untuk mencegah batu ginjal semakin parah dan menginfeksi saluran kemih, bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki fungsi penghancur batu ginjal alami.

Batu ginjal bisa dihancurkan dengan cara mengonsumsi bahan-bahan herbal yang bisa Anda temukan dengan mudah sehari-hari. Batu ginjal memang tidak akan menjadi masalah jika tidak menginfeksi saluran kemih, namun itu bukan jaminan, artinya keberadaan batu ginjal juga tidak boleh disepelekan.

Jika Anda terlalu takut untuk melakukan perawatan di dokter, ada cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mencegah batu ginjal semakin besar dan parah. Anda bisa mengonsumsi minuman yang memiliki efek menghancurkan batu ginjal.

minuman alami penghancur batu ginjal transformed
Minuman alami penghancur batu ginjal

Alternatif Minuman Penghancur Batu Ginjal Alami

Minuman yang terbuat dari bahan-bahan herbal memang memiliki banyak manfaat karena kandungan senyawa yang ada didalamnya memberikan banyak khasiat untuk tubuh. Minuman yang bisa menghancurkan batu ginjal biasanya mengandung beberapa senyawa yang diperlukan untuk melunturkan batu ginjal, seperti polifenol, antioksidan, kalium, dan lainnya.

Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan pengobatan mudah dan terjangkau untuk mengatasi batu ginjal, Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi minuman-minuman herbal berikut ini.

  1. Air Mineral

Minuman pertama yang paling mudah didapatkan dan memang dikonsumsi sehari-hari adalah air putih yang kaya akan mineral. Mineral sangat diperlukan oleh tubuh untuk melakukan berbagai fungsi dalam sistem tubuh, salah satunya adalah sistem metabolisme yang dijalankan oleh ginjal.

Ketika asupan mineral di dalam tubuh terpenuhi, maka ginjal akan bekerja normal sehingga proses penyaringan zat-zat mineral dan garam bisa dilakukan secara maksimal. Jika penyaringan dilakukan secara maksimal, maka tidak ada zat yang mengendap dan menjadi gumpalan batu ginjal.

Sebaliknya, jika asupan mineral di dalam tubuh kurang, maka ginjal akan bekerja lebih keras sehingga mengakibatkan kerusakan dan masalah lainnya, termasuk batu ginjal. Jika Anda ingin ginjal sehat dan bekerja normal, maka minumlah air mineral yang cukup setiap harinya. Untuk penderita batu ginjal, diperlukan kurang lebih 12 gelas air dalam sehari.

  1. Kaldu Kacang Merah
Baca Juga
5 Manfat Obat Herbal Batu Ginjal Kumis Kucing Paling Ampuh!

Kacang merah mengandung karbohidrat, serat, antioksidan, vitamin C, vitamin B, folat, kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, dan zinc. Ternyata, kaldu kacang merah juga memiliki khasiat yang cukup bagus untuk mengatasi masalah pada ginjal, termasuk batu ginjal.

Selain untuk ginjal, kaldu kacang merah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah pertumbuhan kanker, mengontrol gula darah, memenuhi nutrisi untuk ibu hamil, dan menurunkan berat badan.

  1. Jus Kemangi

Memiliki aroma yang khas dan sering dijadikan bumbu masakan. Kemangi ternyata mengandung mineral yang cukup tinggi seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium sendiri merupakan komponen yang sangat penting di dalam sel dan cairan tubuh sehingga sangat diperlukan untuk mengatasi batu ginjal.

Selain kalium, mangan yang terdapat pada kemangi juga berfungsi untuk menghasilkan enzim antioksidan, dan superoksida dismutase. Dengan banyaknya kandungan senyawa dan mineral di dalam kemangi, maka mengonsumsi jus kemangi adalah cara ampuh mengatasi batu ginjal.

Selain berguna untuk batu ginjal, jus kemangi juga bermanfaat untuk menurunkan demam, meredakan batuk, meningkatkan sistem imun, dan menurunkan resiko kanker mulut, kanker paru-paru, kanker kulit, menurunkan tekanan darah tinggi, mengontrol gula darah, dan lain sebagainya.

  1. Jus Daun Basil

Daun basil juga terkenal sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ginjal. Daun basil mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian, daun basil kaya akan kalori, protein, karbohidrat, dan serat.

Daun basil juga diketahui tidak mengandung sedikitpun lemak dan gula, oleh karena itu sangat aman dan dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain bermanfaat untuk menghancurkan batu ginjal, daun basil juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan.

Baca Juga
Obat Herbal Penghancur Batu Ginjal Terbaik: Solusi Alami yang Aman dan Ampuh

Daun basil mampu meredakan stress, menurunkan resiko kanker, mengembalikan energi, mencegah penyakit jantung, mengurangi peradangan, mencegah infeksi, mengontrol kadar gula dalam tubuh, mengembalikan energi, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa membuat jus daun basil dengan mencampurkan mentimun agar lebih segar. Jus timun basil ini segar dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, jadi sangat direkomendasikan untuk Anda.

  1. Jus Seledri

Selain memiliki aroma yang wangi, seledri ternyata mengandung berbagai vitamin dan mineral yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Daun seledri mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, fosfat, kalsium, magnesium, kalium, dan kolin.

Selain vitamin, seledri juga mengandung berbagai jenis senyawa antioksidan yang sangat lengkap, mulai dari beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan flavonoid. Dengan kandungan yang sangat lengkap tersebut, maka wajar saja jika mengonsumsi seledri ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Selain memiliki manfaat untuk menurunkan resiko kerusakan ginjal dan menghancurkan batu ginjal, jus seledri juga memiliki fungsi anti-inflamasi, mencegah peradangan berbagai penyakit kronis seperti jantung, kanker, osteoporosis, dan radang sendi.

Jus seledri juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan karena mengandung prebiotik yang memberi asupan makanan untuk bakteri baik di dalam usus. Jus seledri bisa dibuat dengan menambahkan pemanis jika Anda belum terbiasa dengan rasa seledri. Agar lebih aman, gunakan gula rendah lemak atau gunakan madu murni agar lebih sehat.

  1. Jus Delima

Selain lezat, buah delima juga banyak dicari sebagai obat herbal karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah delima mengandung kalsium, kalium, fosfor, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, asam folat, zat besi, protein, dan zat penting lainnya.

Baca Juga
Pantangan Batu Ginjal : 6 Makanan yang Perlu Dihindari

Dengan segudang kandungan di dalamnya, jus delima memiliki fungsi utama untuk menjaga kesehatan ginjal, mengurangi rasa nyeri pada saluran kemih, serta melarutkan batu ginjal. Manfaat lain dari jus delima adalah mencegah stroke, serangan jantung, dan mengurangi produksi kolesterol jahat pada tubuh.

Mengapa Penting Konsumsi Minuman Penghancur Batu Ginjal Alami?

Pengobatan batu ginjal secara alami memang memiliki banyak cara. Ada juga terapi-terapi yang dilakukan untuk mengatasi batu ginjal. Namun mengonsumsi minuman yang memiliki fungsi menghancurkan batu ginjal adalah cara yang mudah dan tidak beresiko.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, banyak dari bahan-bahan untuk jus penghancur batu ginjal tersebut memiliki banyak fungsi lain untuk kesehatan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika mengonsumsi minuman tersebut secara rutin karena dampaknya juga baik untuk kesehatan tubuh.

Maksimalkan Minuman Penghancur Batu Ginjal Alami Dengan Cara Berikut Ini!

Untuk memaksimalkan pengobatan atau fungsi yang dilakukan oleh jus atau minuman untuk menghancurkan batu ginjal, Anda juga harus melakukan perubahan pada pola hidup atau kebiasaan yang kerap Anda lakukan. Mulailah dengan melakukan pola makan yang sehat dengan mengurangi konsumsi garam dan makanan berpengawet.

Anda juga harus memperhatikan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh, melakukan olahraga secara rutin, dan memeriksakan kondisi tubuh secara berkala agar bisa memahami kondisi tubuh Anda sendiri dengan lebih baik. Anda juga perlu melakukan konsultasi jika merasakan gejala batu ginjal, jangan sampai gejalanya semakin parah, segera lakukan pemeriksaan.

Itulah informasi mengenai jenis-jenis minuman untuk penghancur batu ginjal alami yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Jika Anda konsisten untuk mengonsumsi makanan atau minuman sehat dan menghindari minuman-minuman berpengawet, maka proses penyembuhan atau penanganan batu ginjal akan lebih efektif dan berhasil.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *