Ngompol bagi anak kecil mungkin adalah hal yang biasa tapi bagaimana jika orang dewasa yang ngompol? Apakah Anda sering mengalami keadaan yang membuat Anda sulit sekali menahan buang air kecil? Apakah Anda bingung  sekali menemukan cara mengatasi ngompol pada orang dewasa?

Kasus ngompol pada bayi tentu berbeda dengan apa yang terjadi pada orang dewasa. Kondisi ini dinamakan dengan inkontinensia urine. Hampir 80% kasus inkontinensia dapat diobati sehingga Anda tidak perlu khawatir dan merasa terlalu malu untuk mencari pengobatan.

mengompol pada wanita dewasa
Mengompol pada wanita dewasa bukannlah proses normal tubuh, tetapi ada kelainan yang perlu diobat

Cara Mengatasi Ngompol Pada Orang Dewasa

Tahukah Anda bahwa lebih dari 200 juta orang di dunia menderita inkontinensia urine. Umumnya, jenis inkontinensia urine akan menentukan jenis perawatan  yang penderita butuhkan.

Dalam banyak kasus, tim profesional perawatan kesehatan termasuk dokter, perawat, atau praktisi kesehatan akan mendiagnosis dan menawarkan pilihan pengobatan. Anda akan diminta memilih tindakan yang paling sesuai dengan jenis penyakit.

Saat menangani inkontinensia, yang terbaik adalah memulai dengan modifikasi pola hidup. Inkontinensia urine berbeda dengan kasus ngompol malam hari pada anak (nokturnal enuresis) karena kondisi ini seringkali harus menggunakan pengobatan medis atau operasi jika tidak bisa disembuhkan.

Mungkin jika kasus ngompol terjadi pada anak, Anda bisa memberikan ia obat ngompol anak herbal di apotik. Tapi bagaimana jika kondisi ini menimpa orang dewasa? Membayangkan untuk membeli obatnya saja pasti tidak semua orang berani.

Beberapa cara untuk mengatasi ngompol yang bisa dilakukan secara rutin sebelum akhirnya mendapat penanganan secara medis adalah :

Hindari Minuman yang Menginfeksi Kandung Kemih

Mengurangi kopi, teh, coklat, soft drink dan alkohol adalah hal yang perlu Anda lakukan. Semua minuman ini adalah diuretik, yang berarti membuat Anda menghasilkan lebih banyak urin daripada biasanya dan membuat Anda lebih rentan terhadap serangan inkontinensia.

Banyak Makan Serat

Sembelit juga dapat memberikan tekanan ekstra pada kandung kemih dan otot dasar panggul, jadi pastikan untuk mengkonsumsi banyak buah segar, sayuran, dan serat dalam makanan Anda. Cara ini akan membantu sistem pencernaan Anda bekerja lebih baik dan membantu Anda menghindari sembelit.

Perhatikan Asupan Cairan

Cara mengatasi ngompol pada orang dewasa secara alami yang terbaik adalah minum sekitar 2 liter air sehari. Jika Anda minum terlalu sedikit air, urin mungkin menjadi terkonsentrasi dan bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya iritasi pada kandung kemih Anda

Jaga Berat Badan

Kelebihan berat badan juga dapat menambah tekanan pada sistem saluran kemih dan akan meningkatkan jumlah inkontinensia yang mungkin Anda derita. Merupakan hal yang sangat penting jika BMI (indeks massa tubuh) Anda di atas 25.

Jalani gaya hidup sehat dan konsumsi makanan yang tepat untuk membantu meningkatkan kesehatan dan menyembuhkan penyakit inkontinensia Anda.

Pelatihan Kandung Kemih

Metode pengobatan inkontinensia satu ini sangat efektif dalam mengobati inkontinensia urgensi. Cara untuk melatih kandung kemih adalah dengan menunda pergi ke kamar mandi setelah merasakan keinginan untuk buang air kecil.

 Misalnya, pada awal latihan cobalah untuk menunda ke kamar mandi 10 menit setiap kali Anda merasakan dorongan untuk buang air kecil.

 Keesokan harinya, tunda kunjungan ke toilet selama 15 menit dan begitu seterusnya. Berbagai ahli kesehatan merekomendasikan penderita inkontinensia urine untuk mengunjungi kamar mandi setiap 2-4 jam sekali.

Pasang Alarm

Buatlah alarm ke kamar mandi dengan terjadwal. Atur mengenai jam berapa saja Anda harus pergi ke toilet. Pastikan Anda memasang alarm pada waktu-waktu tertentu dan sesuai dengan jadwal, bukan ketika Anda terdesak. Biasanya alarm terbaik untuk latihan inkontinensia adalah setiap 2 jam atau lebih.

Latihan Kegel

Latihan dasar panggul yang juga dikenal sebagai senam Kegel sangat penting untuk penderita inkontinensia. Latihan-latihan Kegel penting untuk meningkatkan kendali atas kandung kemih dan usus serta memperkuat dasar panggul yang menopang vagina, rahim, dan usus Anda.

Itulah mengapa menjaga dasar panggul Anda agar berfungsi dengan baik sangat dianjurkan oleh siapapun, terutama wanita. Jika dilakukan dengan benar dan rutin, senam kegel dapat membantu mencegah kebocoran urine saat sedang hamil dan setelah bayi lahir. 7 cara mengatasi ngompol pada orang dewasa yang telah dijelaskan di atas bisa mulai dilakukan secara rutin. Namun, jika Anda tidak menemukan perubahan kecil yang efektif, maka Anda bisa bicarakan dengan dokter tentang obat-obatan atau operasi untuk kasus inkontinensia yang sangat parah