Cara mencegah batu ginjal — Sebelum terjadinya pembentukan batu ginjal dalam tubuh anda, alangkah baiknya mencegah batu ginjal. Pola makan yang baik serta gaya hidup sehat perlu Anda terapkan sedini mungkin.

Cara paling mudah yang dapat kita lakukan adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dan rutin berolah raga.

cara mencegah batu ginjal
Hidup sehat untuk mencegah batu ginjal

Mencegah selalu menjadi pilihan terbaik daripada mengobati. Berikut kami uraikan beberapa cara untuk mencegah terjadinya penyakit batu ginjal

Asupan cairan yang cukup, cara sederhana mencegah batu ginjal

Asupan cairan yang cukup menjadi pilihan utama dalam mencegah terjadinya batu ginjal. Pada saat konsumsi air yang sedikit tentunya urin menjadi lebih sedikit dan pekat, sehingga tidak mampu untuk melarutkan garam urin yang menjadi pemicu munculnya batu ginjal.

Perlu utnuk diketahui minum air yang baik setidaknya 8 gelas dalam sehari agar kencing menjadi banyak (secara spesifik rekomendasi nya adalah minum air putih 1,5 – 2 liter per hari)

Pertanyaanya adalah apakah harus minum air putih saja? Jawabannya adalah IYA. Secara spesifik yang perlu dan dapat mencegah batu ginjal adalah air putih.

Minuman lain seperti soda, teh, kopi bahkan memiliki dampat membuat batu ginjal, meskipun membuat kencing Anda jadi banyak. Tetapi ada juga minuman yang merupakan pengobatan alami batu ginjal, seperti lemon, dan perasan apel.

Cara mudah untuk mengetahui bahwa asupan cairan sudah cukup adalah dengan cara melihat kepekatan urin. Jika urin Anda sangat kuning artinya asupan cairan Anda kurang dan perlu menambah jumlah minum Anda.

Terkadang kita memang sulit untuk mengukur berapa jumlah air yang telah kita minum, dengan cara melihat warna air kencing, merupakan cara mudah untuk melihat apakah tubuh telah tercukupi asupan cairannya

Kurangi konsumsi garam agar mencegah batu ginjal

Mengurangi konsumsi garam adalah cara lain mencegah batu ginjal. Kandungan garam yang berlebihan didalam urin akan menghambat proses penyerapan  kembali kalsium ke dalam darah.

Ketika kalsium tidak kembali diserap kedalam tubuh maka kadar kalsium dalam urin akan meningkat dan mineral ini dapat menumpuk yang kemudian meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal.

Sementara untuk itu, penting sekali menjaga asupan garam harian anda. Adapun makanan yang mengandung banyak garam adalah makanan olahan, keripik, kerupuk dan makanan yang mengandung bahan pengawet.

Jadilah konsumen yang cerdas memilih dan memilah makanan untuk dikonsumsi dengan membaca secara seksama label makanan yang tinggi garam atau natrium.

Garam berlebih menyebabkan batu ginjal
Garam berlebih menyebabkan batu ginjal

Membatasi konsumsi protein hewani

Konsumsi protein hewani yang terlalu tinggi memang diketahui menyebabkan batu ginjal. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang vegetarian memiliki kemungkinan terjadinya batu ginjal lebih rendah dibandingkan orang yang tidak vegetarian.

Protein hewani memang baik untuk anak kecil yang masih tumbuh dan berkembang. Berbeda dengan orang dewasa, protein hewani menjadi momok dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Mulai dari tingginya asam urat darah akibat konsumsi daging merah hingga tingginya kolesterol di daging yang berlemak.

Konsumsi protein hewani seperti daging merah, unggas, makanan laut dan telur secara berlebihan dapat memicu tingginya kadar asam urat dan menyebabkan batu ginjal.

Konsumsi makanan kaya kalsium

Jenis batu ginjal yang sering terjadi adalah batu kalsium oksalat. Sehingga banyak orang percaya bahwa makanan yang mengandung kalsium harus dihindari.

Namun faktanya tidak demikian, diet rendah kalsium dapat meningkatkan resiko osteoporosis dan batu ginjal.

Mengapa malah Anda diminta mengkonsumsi kalsium yang tinggi padahal faktanya adalah kalsium oksalat adalah jenis batu terbanyak?

Jawabannya adalah karena kalsium ini akan mengikat oksalat di dalam usus Anda sebelum masuk ke dalam darah. Dengan gagalnya oksalat masuk ke darah, memungkinkan tidak terjadi pengeluaran oksalat yang tinggi di urin sehingga mencegah kristalisasi kalsium oksalat yang kemudian hari menjadi batu. Mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi bahkan merupakan cara alami terbaik menyembuhkan batu ginjal

Ada banyak macam makanan tinggi kalsium yang dapat anda konsumsi seperti bayam, brokoli, dan ikan salmon, susu rendah lemak, keju rendah lemak, dan yougurt rendah lemak merupakan pilihat terbaik untuk menu sehat anda.

Menghindari makanan yang dapat memicu batu ginjal

Oksalat dan fostat adalah musuh dari orang yang ingin terhindar dari batu ginjal. Jika kedua zat ini berikatan dengan kalsium maka terbentuklah batu. Jika kalsium berikatan dengan oksalat terbenetuklah batu kalsium oksalat, dan jika kalsium berikatan dengan fostat terbentuklah batu jenis kalsium fosfat

Makanan yang kaya akan kandungan oksalat harus dihindari seperti, cokelat, teh, dan sebagaian besar kacang. Selain itu makanan yang mengandung fosfat seperti kola juga dapat berkontribusi dalam pembentukan batu ginjal.

Hal ini bukan berati tidak boleh dikonsumsi namun, harus dalam batas yang normal.

Bijak dalam mengkonsumsi Vitamin C

Bagi anda yang rutin mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi dapat memiliki resiko menderita batu ginjal lebih tinggi karena tubuh akan merubah vitamin C menjadi oksalat.

Menurut para ahli, mengkonsumsi vitamin C yang berasal dari makanan secara alami tidak dapat mempengaruhi pembentukan batu ginjal.

Oleh karena itu, perlu kehati-hatian dalam mengkonsumsi suplemen vitamin C. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter urologi untuk dosis penggunaannya.

Hati-hati mengkonsumsi suplemen kalsium

Kalsium dalam makanan tidak beresiko besar terhadap pembentukan batu ginjal. Mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium justri dianjurkan, kecuali ada rekomendasi dokter dalam membatasi asupannya.

Sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter urologi terkait penggunaan suplemen kalsium yang anda konsumsi, karena disebut –sebut dapat mempercepat pertumbuhan batu.

Menjaga berat badan Ideal adalah cara termudah mencegah batu ginjal

Berat badan berlebih bahkan obesitas seringkali dikaitkan dengan resiko penyakit ginjal, termasuk batu ginjal. Hal ini disebabkan karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan kadar kalsium dalam urin serta resistensi insulin.

Dibandingkan dengan orang yang kurus, orang yang mengalami kegemukan lebih rentan terjadi pembentukan batu ginjal. Olahraga yang teratur dan batasi pola makan berguna agar tidak terjadi penumpukan kalori yang akhirnya dikonversi menjadi lemak oleh tubuh.

Mengingat peran penting ginjal untuk tubuh anda, maka jagalah kesehatan ginjal anda sebaik mungkin.

Mulailah untuk hidup sehat dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

Bila anda merasakan gejala kencing batu jangan ragu untuk berkonsultasi dan menghubungi dokter urologi.

Jangan menunggu anda sakit untuk merubah gaya hidup.

Mulailah dari sekarang menerapkan cara-cara pencegahan diatas dalam kehidupan sehari-hari demi kesehatan yang anda cintai. Semoga bisa berguna dan bermanfaat.