1. Gejala Batu Ginjal
  2. Cara Mengobati Batu Ginjal
    1. 1.  Mengkonsumsi Air Putih
    2. 2. Mengkonsumsi Obat Pereda Sakit
    3. 3. Menjalani Pengobatan Medis
    4. 4. Mengkonsumsi Obat  Herba
    5. 5. Pembedahan
    6. 6. Terapi Agar Keluar dengan Sendirinya
    7. 7. Terapi Gelombang Suara  
    8. 8. Operasi dengan Ureteroscope
    9. 9. Operasi Kelenjar Paratiroid
    10. 10. Cara Alami Memecah Batu Ginjal
  3. Penutup

Batu ginjal adalah penyakit yang tidak boleh disepelekan dan butuh cara menyembuhkan batu ginjal yang tepat dan ampuh. Pasalnya, batu ginjal bisa menyebabkan iritasi di saluran kemih. Jadi, saat buang air kecil bisa merasakan sakit.

Dengan memahami cara menyembuhkannya, Anda bisa menghindari komplikasi yang mungkin terjadi. Pembentukan batu ginjal ini biasanya baru dirasakan saat ginjal bergerak atau menyumbat  saluran atau bisa terjadi saat batu mengalir terbawa urin ke saluran kemih.

Gejala Batu Ginjal

Batu ginjal punya ciri-ciri khusus. Sebelum mengetahui cara menyembuhkan batu ginjal, Anda perlu memahami apa saja gejalanya. Dengan begitu, bisa memastikan apakah terkena batu ginjal atau tidak.

Adapun gejala yang bisa terjadi untuk penderita batu ginjal adalah nyeri pinggang atau punggung bagian bawah. Ciri berikutnya adalah nyeri saat buang air kecil, nyeri di pangkal paha. Selain itu, ciri lainnya adalah urin yang berwarna merah, cokelat, merah muda.

Tak hanya itu, gejala lainnya adalah mual dan muntah. Jika mengalami gejala yang sudah disebutkan di atas, segera konsultasikan ke dokter agar bisa memastikan lebih lanjut apakah Anda menderita batu ginjal atau tidak.

Cara Mengobati Batu Ginjal

Batu ginjal bisa disembuhkan dengan beberapa cara, hal ini sesuai dengan penyebab dan ukurannya. Cara menyembuhkan batu ginjal saat sedang sakit yaitu sebagai berikut:

1.  Mengkonsumsi Air Putih

Cara penanganan pertama yaitu minum air putih yang cukup. Lakukan konsumsi air putih ini tiap harinya agar bisa mengurangi gejalanya. Biasakan untuk minum air putih sebanyak 2-3 liter atau 8-10 gelas setiap hari.

Dengan konsumsi air putih akan membantu untuk membilas endapan batu ginjal yang ada di saluran kemih yang terdiri dari beberapa ukuran kecil.

2. Mengkonsumsi Obat Pereda Sakit

Jika Anda sudah mengalami sakit karena batu ginjal, cara menyembuhkannya adalah menggunakan obat pereda sakit. Batu ginjal bisa terasa sakit jika bergerak dari ginjal ke saluran kemih.

Cara menyembuhkan batu ginjal sementara ini bisa menggunakan paracetamol atau pereda nyeri lain sesuai dengan petunjuk dokter sehingga bisa sembuh dengan baik.

3. Menjalani Pengobatan Medis

Cara menyembuhkan batu ginjal yang efektif lainnya yaitu mengkonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter. Obat yang mungkin diberikan ini bisa dari golongan alpha blocker.

Tujuan dari pengobatan ini berguna untuk melemaskan otot saluran kemih. Dengan demikian, batu ginjalnya akan lebih mudah keluar dari tubuh tanpa harus merasakan sakit yang parah.

Pengobatan medis yang dijalani harus berdasarkan dokter sehingga Anda tidak boleh asal membeli obat di apotek. Konsumsi obat ini juga disesuaikan dengan dosis yang sudah  diberikan oleh dokter agar bekerja secara efektif.

4. Mengkonsumsi Obat  Herba

Cara menyembuhkan batu ginjal berikutnya adalah mengkonsumsi obat herba. Obat herba bisa dijadikan sebagai obat alternatif yang baik untuk tubuh dan bisa mengatasi batu ginjal dengan baik. Salah satunya adalah obat yang bisa digunakan adalah obat dengan kandungan daun keji beling dan daun tempuyung.

Tanaman ini punya senyawa bioaktif flavonoid yang berkhasiat menyembuhkan batu ginjal. Sudah banyak obat ini yang dijual dipasaran. Meski begitu, perlu adanya penelitian lanjutan guna memastikan efektivitas dari obat tradisional ini.

5. Pembedahan

Jika batu ginjal sering kambuh dan terjadi pembentukan batu ginjal secara berulang-ulang, dokter dapat merekomendasikan pasien untuk melakukan penanganan khusus untuk mengatasinya. Adapun cara yang dilakukan yaitu bisa melalui prosedur pembedahan.

Dengan operasi, batu ginjal bisa diangkat sehingga masalah sakit yang dialami bisa teratasi. Namun, tentu pembedahan yang dilakukan ini harus sesuai kondisi pasien yang sesuai.

6. Terapi Agar Keluar dengan Sendirinya

Beberapa orang ada yang tidak ingin melakukan operasi. Hal ini bisa saja dilakukan apalagi jika ukuran batu ginjalnya masih kecil. Cara menyembuhkan batu ginjal yang tidak parah bisa diobati tanpa memerlukan tindakan medis.

Berdasarkan Mayo Clinic, cara menanganinya bisa melakukan terapi konsumsi air secara rutin. Jika proses pengeluarannya terasa sakit, maka dokter akan meresepkan obat pereda nyeri.

7. Terapi Gelombang Suara  

Cara menyembuhkan batu ginjal lainnya dengan menerapkan terapi gelombang suara atau extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL). Cara ini dilakukan jika batu ginjal yang diderita punya ukuran yang besar.

ESWL punya cara kerja dengan menciptakan gelombang suara yang menghancurkan batu ginjal dengan getaran gelombang tersebut. Setelah batu tersebut dihancurkan, maka akan menjadi potongan yang lebih kecil sehingga bisa dikeluarkan lewat urin.

Terapi ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai dengan 1 jam. Biasanya dokter akan memberikan obat bius sebelumnya guna meringankan rasa sakit. Cara ini terbilang cukup efektif terutama bagi penderita yang punya batu ginjal ukuran besar.

8. Operasi dengan Ureteroscope

Cara menyembuhkan batu ginjal lainnya yaitu melakukan tindakan pembedahan dengan ureteroscope. Cara ini bisa dilakukan apabila ukuran batu ginjalnya tidak terlalu besar.

Alat ini berupa tabung tipis yang ada lampunya untuk kemudian dimasukkan ke saluran kencing bagian dalam.

Setelah dimasukkan, alat ini akan menemukan posisi dari batu ginjal tersebut yang nantinya bisa menghancurkan batu ginjal menjadi beberapa potongan.

Batu ginjal yang sudah dalam ukuran kecil nantinya dikeluarkan lewat urin.

9. Operasi Kelenjar Paratiroid

Batu ginjal bisa disebabkan karena kelenjar paratiroid yang terlalu aktif  sehingga kalsium di dalam tubuh menjadi terlalu banyak. Akibatnya, munculnya batu ginjal ini. Adapun masalah kelenjar paratiroid ini bisa terjadi karena adanya tumor jinak pada kelenjar tersebut.

Oleh sebab itu, cara menyembuhkan batu ginjal dibutuhkan operasi kelenjar. Namun, sebelum menjalankannya, harus melakukan konsultasi ke dokter terkait jenis perawatan apa yang tepat. Tanyakan juga terkait risiko operasi dan tingkat keberhasilannya.

Operasi kelenjar paratiroid ini umumnya dilakukan saat tubuh penderita sudah tidak bisa merespon obat pengontrol kelenjar paratiroid ini sehingga perlu tindakan operasi.

10. Cara Alami Memecah Batu Ginjal

Jika  gejalanya tidak parah, Anda bisa mengobatinya sendiri secara alami. Selain minum air putih, Anda bisa menggunakan cara lain untuk menyembuhkannya. Namun, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mencobanya cara menghilangkan batu ginjal.

Batu ginjal obat alaminya apa? Beberapa cara alami yang bisa diterapkan untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

  • Hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan oksalat tinggi. Contohnya adalah bayam, buah bit, dan almond.
  • Selanjutnya, minum air lemon. Air lemon punya fungsi untuk mengikat kalsium sehingga menghambat pembentukan batu ginjal.
  • Hindari banyak memakan makanan dengan kandungan natrium yang tinggi. Tujuannya agar jumlah kalsium yang ada di dalam urin. Contohnya mengurangi makan makanan yang mengandung garam. Batas asupan garam maksimal adalah 1 sendok teh dalam sehari.
  • Pantangan batu ginjal lainnya dengan mengurangi makan protein hewani yang bisa meningkatkan asam urat pada tubuh Anda.

Dari cara-cara di atas, diketahui bahwa pengobatan batu ginjal ini harus diiringi dengan perubahan gaya hidup untuk mengatasi masalah ini dengan baik.

Anda perlu untuk minum obat sesuai anjuran dokter sampai melakukan cara mencegah batu ginjal dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti minum air putih secara rutin.

Jika cara alami di atas tidak berhasil, maka bisa menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Penutup

Organ ginjal punya fungsi yang penting untuk tubuh sehingga menjaga kesehatan organ ini adalah hal yang penting. Jika Anda merasakan gejala batu ginjal seperti yang sudah disebutkan di atas, segera lakukan cara menyembuhkan batu ginjal sambil konsultasi ke dokter.

eBook Terbaru!

ebook diet batu ginjal makanan pencegah batu ginjal
ebook diet batu ginjal makanan pencegah batu ginjal

DIET BATU GINJAL

Download eBook : Diet Batu Ginjal: Makanan Pencegah Batu Ginjal.

Batu ginjal dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak terduga dan bisa memakan waktu berhari-hari untuk hilang.

Namun, eBook ini menjelaskan cara yang terbukti secara medis untuk menurunkan risiko Anda terkena batu ginjal di masa depan, dengan melakukan beberapa langkah sederhana.

Read our privacy policy for more info.

eBook Terbaru!

ebook diet batu ginjal makanan pencegah batu ginjal
ebook diet batu ginjal makanan pencegah batu ginjal

DIET BATU GINJAL

Download eBook : Diet Batu Ginjal: Makanan Pencegah Batu Ginjal.

Batu ginjal dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak terduga dan bisa memakan waktu berhari-hari untuk hilang.

Namun, eBook ini menjelaskan cara yang terbukti secara medis untuk menurunkan risiko Anda terkena batu ginjal di masa depan, dengan melakukan beberapa langkah sederhana.

Read our privacy policy for more info.