Cara alami menyembuhkan batu ginjal — Gangguan ginjal yang tersering dihadapi oleh laki – laki dan perempuan usia muda yaitu batu ginjal. Kondisi ini mengambarkan terjadinya penyumbatan saluran urine karena terbentuk endapan garam dan mineral dari proses pembentukan air seni.

Material calon pembentuk batu tersebut di bawa melalui darah, kemudian tersaring di ginjal dan menjadi urin. Jika jumlah berlebih maka dapat tertumpuk serta terkristalisasi lama-kelamaan terbentuklah batu.

Menyembuhkan batu ginjal seecara alami
Menyembuhkan batu ginjal seecara alami

Gejala batu ginjal yang paling umum dialami adalah nyeri pinggang, nyeri saat kencing, intensitas kencing semakin sering, munculnya rasa perih ketika mengeluarkan air seni, serta kuantitas urine sangat kurang bahkan tidak ada sama sekali. Jika sudah mengalami gejala – gejala tersebut disarankan untuk mencari langkah pengobatan pertama ke dokter urologi. Ini penting karena bila dibiarkan akan berdampak buruk.

Jenis batu tersering yang dialami manusia terbagi menjadi empat, yaitu

  • Batu kalsium (termasuk di dalamnya adalah batu kalsium oksalat maupun batu kalsium fosfat)
  • Batu infeksi atau biasa disebut batu struvit
  • Batu asam urat
  • Dan yang lebih jarang yaitu batu sistin

Perlu adanya ketepatan diagnosis supaya mendapatkan penanganan yang benar oleh dokter. Namun hal terbaik selain pengobatan adalah mencegah terbentuknya kristal dalam ginjal.

Simak uraian lengkap berikut mengenai cara alami menangani batu ginjal.

Baca juga : Obat batu ginjal di apotik

Kenali penyebab batu ginjal, lalu anda dapat menyembuhkan batu ginjal secara alami

Munculnya berbagai kristal garam dan mineral yang mem-batu pada saluran air seni disebabkan oleh berbagai hal. Namun jika dirangkum, penyebabnya adalah karena banyaknya zat pembentukan kristal di dalam urine dibandingkan dengan jumlah cairan urin. Selain itu kurangnya zat pencegah peluruh batu mempercepat proses terbentuknya kristal.

Kurang asupan cairan

Salah satun penyebab utama batu ginjal adalah kurangnya asupan cairan dalam jangka waktu lama. Air mampu memperlancar dan melarutkan mineral-mineral pembentuk batu, kurangnya jumlah air di dalam tubuh menyebabkan gangguan ginjal dan saluran kemih. Minum air adalah cara termudah mencegah batu ginjal.

Dehidrasi adalah penyebab utama terbentuknya batu ginjal, terutama bagi seseorang yang tinggal di daerah panas atau bersuhu tinggi. Indonesia termasuk kawasan stone belt (artinya adalah kawasan di dunia yang jumlah penduduknya memiliki angka batu ginjal tertinggi di dunia)

Konsumsi makanan yang memicu batu

Mengonsumsi makanan dengan kandungan garam, protein hewani yang tinggi, dan oksalat, juga berpotensi menjadi penyebab terjadinya pengkristalan. Kandungan mineral tersebut menyebabkan endapat kristal, sehingga berpotensi terbentuknya batu dikemudian hari. Jika terjadi terus menerus tidak menutup kemungkinan akan terkristalisasi dan terbentuklah batu ginjal.

Selain itu, protein hewani memicu tingginya asam urat darah. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, asam urat adalah salah satu jenis batu yang paling sering dijumpai.

Hindari makanan di atas untuk mencegah batu ginjal alami
Hindari makanan di atas untuk mencegah batu ginjal secara alami

Kondisi penyakit lain seperti pasca operasi atau gangguan usus

Kondisi tertentu pasca operasi atau adanya gangguan pencernaan mampu mengurangi potensi penyerapan cairan di dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan tingginya konsentrasi zat – zat pembentuk kristal batu dalam darah. Ketika darah akhirnya dipecah di dalam ginjal, zat – zat tersebut mampu membentuk kristal dengan cepat.

Penyakit yang sering menyebabkan batu adalah gangguan penyerapan kalsium usus dan kondisi pasca operasi pemotongan usus. Kesemuanya menyebabkan ketidak seimbangan penyerapan mineral yang kemudian berujung menjadi batu

Beberapa obat dapat menyebabkan batu ginjal

Mengonsumsi beberapa obat tertentu dalam jangka panjang dapat menyebabkan terjadinya pengkristalan. Obat ini antara lain seperti diuretik, obat HIV, dan antibiotik.

Mengonsultasikan dengan dokter urologi, serta menjaga pola hidup sehat haruslah perlu digalakkan. Ungkapan mencegah lebih baik daripada mengobati cocok untuk menanggulangi konsumsi obat – obatan

Pengobatan Alami Menyembuhkan Batu Ginjal

Ternyata terdapat bahan makanan sehari – hari yang sangat mudah kita jumpai dan mampu mengurangi, bahkan menyembuhkan gangguan ginjal dan saluran kencing secara alami.

Air perasan lemon

Salah satu cara alami mengobati batu ginjal adalah lemon. Air perasan lemon dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan serta mencegah batu ginjal

Kandungan sitrat pada perasan air lemon dapat memecahkan kristal – kristal kecil yang telah terbentuk. Dengan demikian tidak sampai menggumpal menjadi batu.

Air perasan lemon adalah cara menyembuhkan batu ginjal secara alami
Air perasan lemon adalah cara menyembuhkan batu ginjal secara alami

Cuka apel

Cuka apel juga bisa menjadi alternatif obat alami. Kandungan asam asetatnya dipercaya mampu memecah batu dengan ukuran kecil. Cuka apel membantu melarutkan serta mengeluarkannya melalui saluran urine.

Untuk konsumsinya perlu berhati – hati, jika berlebihan tubuh akan kekurangan kalium. Kalium adalah zat penting bagi tubuh agar tubuh tak lemas. Kekurangan kalium juga membuat gangguan jantung yang berakibat fatal.

Seledri

Seledri juga cocok untuk dijadikan sebagai obat alami ketika mengalami gejala pengkristalan. Memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, dan antioksidan. Kandungan tersebut membantu proses produksi urine yang bebas kristal. Urin bebas kristal membantu mengurangi potensi – potensi terbentuknya kristal baru dan membantu mengeluarkan gumpalan yang sudah terbentuk.

Buah delima

Buah delima juga dipercaya mampu membersihkan batu atau racun dari tubuh melalui saluran urine. Antioksidan pada buah delima juga mampu membuat tingkat asam urine menurun. Sehingga risiko – risiko terkena batu ginjal di masa mendatang akan berkurang. Untuk jumlah konsumsinya lebih baik mengikuti anjuran dokter.

Rumput gandum

Makanan dengan kandungan yang merangsang jumlah air kencing banyak juga dapat dijadikan alternatif. Seperti contohnya rumput gandum.

Kandungan zat yang terkandung di rumput gandum mampu membantu mengeluarkan urin dalam jumlah banyak dan mengeluarkan garam berlebih serta air melalui urine. Dengan demikian dapat digunakan sebagai pencegahan terbentuknya batu baru dalam ginjal. Selain kandungan itu rumput gandum dipercaya mampu membersihkan ginjal dan merupakan pencegahan batu ginjal.

Terapkan Kebiasaan ini Agar Terhindar dari Batu Ginjal

Gangguan sistem ginjal dan saluran kencing memang dapat diatasi atau dilakukan perawatan melalui berbagai obat – obatan alami ataupun obat medis. Obat alami mengurangi potensi efek samping dari konsumsi obat – obat kimiawi.

Namun upaya terbaik adalah melalui tindakan preventif atau biasa disebut tindakan pencegahan. Ada pepatah lama mengakatakan

Mencegah penyakit lebih baik dari mengobatinya

Anonymous

Tidak hanya terhindar saja, tetapi juga kesehatan serta kebugaran tubuh akan meningkat.

Konsumsi air 2 liter per hari

Kebiasaan pertama adalah mengonsumsi air dalam jumlah cukup. Normalnya setiap orang dianjurkan mengonsumsi air sekitar 2 liter tiap harinya. Cara termudah dan ter alami menyembuhkan batu ginjal adalah dengan minum air putih

Tetapi jika dalam kondisi cukup panas atau banyak beraktivitas, alangkah baiknya ditambah konsumsinya. Hal ini bertujuan mengurangi potensi dehidrasi dan membantu melarutkan berbagai mineral dalam tubuh. Patokannya adalah warna urin Anda.

Gunakan chart warna urin di bawah ini untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan atau tidak

Warna urin yang terhidrasi baik
Kendalikan warna urin anda, warna urin yang terhidrasi baik adalah cara alami mengobati batu ginjal

Olahraga secara rutin

Kebiasaan berikutnya adalah berolahraga secara rutin. Olaharaga secara rutin adalah kunci menyembuhkan batu ginjal secara alami. Olahraga dapat membakar lemak dan menjaga berat tubuh tetap ideal. Kurang olahraga mampu menyebabkan obesitas, terutama jika dibarengi dengan konsumsi makaanan penyebab batu ginjal dalam jumlah tinggi. Kondisi ini mampu membebani ginjal serta membuat kinerjanya tidak maksimal dan berpotensi tinggi terbentuk batu ginjal.

Konsumsi buah dan sayuran

Pola makan harus diatur terutama dalam memenuhi kebutuhan gizi. Perbanyak konsumsi buah – buahan dan sayuran atau makanan dengan kandungan lemak rendah.

Upayakan memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari, dengan minum susu atau sayuran hijau. Kalsium mampu mengurangi oksalat dalam tubuh, penyebab terbentuknya batu.

Batasi dan Hindari Kebiasaan Buruk ini

Pencegahan tidak akan dapat berjalan lancar ketika tidak dibarengi dengan kebiasaan – kebiasaan baik lainnya. Terlebih jika masih memiliki kebiasaan hidup buruk. Tidak hanya menyebabkan batu ginjal, kebiasaan di bawah ini membuat tubuh rusak secara umum. Segera hindari dan batasi jika Anda memiliki kebiasaan – kebiasaan ini.

Hindari alkohol dan rokok

Alkohol atau rokok menjadi kebiasaan pertama untuk dihindari agar terhindar dari penyakit ginjal. Kandungan alkohol dalam jumah tinggi membebani ginjal. Produk akhir alkohol dalam tubuh biasanya dalam bentuk purin, suatu senyawa pembentuk batu jenis asam urat.

Berbeda jika Anda mengkonsumsi alkohol dalam jumlah sedang malah membantu pencegahan batu ginjal. Alkhol dalam jumlah banyak membebani proses penyaringan darah di ginjal. Kondisi ini membebani ginjal rusak dan bisa memicu batu.

Cara paling gampang adalah memeriksakan urin dan melihat ada tidaknya protein dalam urin. Biasanya, dalam urin akan diperiksa ada tidaknya albumin (salah satu bentuk protein). Jika albumin terdeteksi dalam urin, biasanya disebut kondisi albuminuria. Albuminaria (munculnya protein pada urine) menjadi pertanda fungsinya telah terganggu.

Hindari konsumsi daging berlebihan

Mengonsumsi daging dalam jumlah berlebih juga meningkatkan potensi terbentuknya batu ginjal. Kandungan asam urat yang tinggi yang dihasilkan oleh pemecahan protein hewani menjadi sebab terjadinya batu jenis asam urat.

Biasanya urin akan menjadi cenderung asam dan berpotensi membuat asam urat semakin mudah mengendap. Jika suka makan daging, usahakan mengonsumsi sayuran juga.

Jangan mengkonsumsi garam berlebih

Mengonsumsi garam terlalu banyak juga perlu dihindari. Salah satu mineral paling berperan dalam terbentuknya kristal adalah garam. Hal ini terjadi karena kalsium yang seharusnya diserap kembali ketika proses reabsorbsi, terhambat disebabkan oleh konsentrasi garam tinggi. Kondisi ini menyebabkan terbentuk batu kalsium.

Garam juga sangat mudah dijumpai di makanan kalengan dan makanan olahan. Jika suka dengan makanan kalengan atau makanan olahan, alangkah baiknya mengurangi porsinya. Biasanya dalam makanannya terkandung banyak fosfor dan natrium.

Dua zat ini berpotensi menganggu proses penyerapan zat yang memicu batu ginjal hingga mengakibatkan kerusakan ginjal. Lebih baik mencari bahan makanan segar di pasar.

Jangan menunda kencing

Segera melakukan buang air ketika sudah terasa. Menahan buang air terlalu lama dapat menyebabkan pengendapan air seni dalam saluran urine.

Pengendapan tersebut mempercepat proses terbentuknya kristal. Oleh karenanya sangat dianjurkan bersegera ke belakang. Kebiasaan ini sangat sederhana, namun dalam jangka panjang efeknya bisa serius.

Penutup mengenai cara alami menyembuhkan batu ginjal

Kerusakan pada organ ginjal dan saluran kemih sangat berbahaya bagi tubuh. Tubuh tidak lagi mampu mengeluarkan zat – zat beracun yang tentu berdampak ada kesehatan jangka panjang.

Sebagai kesimpulan cara alami yang paling mudah untuk menyembuhkan batu ginjal adalah konsumsi air dalam jumlah banyak, minum larutan lemon, serta menjauhi alkohol adalah upaya yang baik dalam mencegah terjadinya batu ginjal.

Penulis adalah dr. Andika Afriansyah SpU (berpraktik di RS Tiara Bekasi dan Mitra Bekasi Timur). Selain itu Anda juga bisa menemui penulis di RS Pusat Persahabatan Jakarta Timur