Ejakulasi dini dan latihan kegel — Pria mendambakan saat hubungan sexual, lama ejakulasinya bisa dikontrol dengan baik. Hal itu bertujuan agar pasangan juga mendapatkan kepuasan sexual yang baik. Akan tetapi, pria terkadang merasa ejakulasinya terlalu cepat, atau biasa disebdan sangat sulit untuk mengontrol dan menunda keinginan untuk ejakulasi. Salah satu latihan sederhana yang sangat mudah dilakukan adalah latihan Kegel.

Latihan Kegel adalah latihan sederhana yang dapat Anda lakukan dimanapun dan kapanpun, tidak membutuhkan peralatan apa-apa

Tujual latihan kegel adalah untuk menguatkan otot panggul Anda. Otot panggul ini berfungsi untuk menahan usus dan kandung kencing anda. Latihan kegel dapat membantu untuk

  • Memperbaiki dan mencegah ngompol (keluar nya urin tanpa disadari), maupun keluarnya buang air besar tanpa disadari
  • Meningkatkan kehidupan sex Anda

Apa sih otot dasar panggul itu?

Otot dasar panggul adalah otot yang menjadi dudukan organ-organ di panggul. Otot inilah yang akan relaks jika Anda kencing, kentut, atau buang air besar. Otot ini jugalah yang membuat Anda dapat menahan kencing agar tidak ngompol atau yang Anda kontraksikan saat menahan kentut.

Ejakulasi dini dapat diatasi dengan latihan kegel untuk mengencangkan otot dasar panggul

Jika Anda ingin mencoba mengetes cara menggerakan otot dasar panggul Anda, saat kencing di pagi hari coba Anda stop pancaran kencing Anda ditengah-tengah kencing secara paksa. Otot yang Anda gunakan itu adalah otot dasar panggul. Jangat terlalu sering mencoba-coba menstop urin Anda saat kencing karena itu berbahaya, cukup di coba beberapa kali sampai Anda paham sensasi menggerakkan otot dasar panggul.

Bagaimana cara melakukan latihan Kegel?

Latihan kegel adalah latihan yang sangat mudah dikerjakan. Anda dapat mengerjakannya di mana saja, bahkan tanpa ada orang lain yang tahu. Dapat Anda kerjakan dalam posisi duduk, tidur, ataupun berdiri. Untuk mengerjakan latihan Kegel, ikuti langkah berikut :

  • Mulai dengan menkontraksikan otot dasar panggul Anda selama 5 detik. Untuk mengkontraksikan otot dasar panggul ini, pikirkan Anda sedang menarik dan menggerkkan penis Anda (atau cara sebelumnya yang sudah di utarakan dengan menggerakkan otot yang berfungsi saat menahan kentut). Jangan menahan nafas saat melakukan ini. Hitung dengan suara lantang dapat mencegah Anda menahan nafas.
  • Setelah menahan selama 5 detik, lepaskan dan relaksasikan otot anda selama 5 detik
  • Ulangi proses ini selama 10 kali, sekurangnya diulangi 3 kali per hari

Your pelvic floor muscles may get tired during this exercise. If this happens, stop and do the exercise at a later time.

Otot dasar panggul anda dapat juga lelah dalam latihan ini (sama seperti Anda saat angkat barbel, otot lengan bisa lelah). Jika hal ini terjadi, stop latihan dan beristirahatlah.

Jangan menggunakan otot perut, kakim atau otot pantat Anda saat melakukan latihan ini. Menggunakan otot ini tidak akan memperbaiki fungsi kencing dan kualitas sexual Anda.

Jika Anda terus menerus melakukan latihan ini, Anda dapat meningkatkan waktu kontraksi anda dan waktu istirahat Anda. Mulai dengan menahan 5 detik, lalu lama-kelamaan tingkatkan waktunya tiap minggu sampai Anda dapat menahan dalam siklus 10 detik.

Kapan waktu yang tepat melakukan latihan kegel?

Kebanyakan orang senang melakukan latihan Kegel saat tiduran di tempat tidur, atau saat duduk di tempat duduk. Anda dapat mengerjakannya di posisi apapun yang Anda nyaman. Melakukan latihan Kegel dengan posisi berdiri sangat membantu karena biasanya ngompol terjadi pada posisi berdiri.

Untuk mencegah ngompol, lakukan latihan Kegel sebelum aktifitas berikut

  • Ketika berdiri
  • Ketika jalan
  • Ketika jalan ke kamar mandi
  • Bersin atau batuk
  • Tertawa

Secara regular melakukan latihan ini dapat membantu Anda menguatkan otot dasar panggul Anda dan mencegah ngompol.

Nyeri saat latihan kegel

Latihan Kegel tidak membuat nyeri. Sebagian besar orang dapat dengan mudah merelaksasikan kembali ototnya. Akan tetapi, jika Anda menggunakan otot yang salah, Anda akan merasa tidak nyaman

Jika terasa nyeri di perut atau punggung setelah latihan, Anda berarti berusaha teralu keras dan akhirnya menggunakan otot punggung dan perut Anda, bukan otot dasar panggul Anda

Jika Anda merasa sakit kepala setelah melakukan latihan ini, Anda berarti menggunakan otot dada Anda dan Anda menahan nafas selama latihan.

Jika Anda ingin bertanya, Anda dapat klik kolom komentar atau menghubungi dr. Andika via kolom kontak.

Salam sehat

dr. Andika Afriansyah

Dokter Urologi Bekasi (RS Tiara dan RS Mitra Bekasi Timur)

Dokter Urologi Jakarta (RS Persahabatan)