Jika ditanya mengenai kapasitas kandung kemih manusia, maka jawabannya sangatlah relatif. Berapa banyak cairan yang ditampung kandung kemih manusia tidak bisa dihitung karena kantung otot antara satu manusia dengan manusia lain sangat elastis dan dapat membesar.

Rata-rata orang dewasa dapat menampung minimal sepertiga liter atau maksimal 600 ml urin. Lebih banyak air seni menyebabkan kandung kemih menjadi buncit dan tidak nyaman. Tiap individu tentu saja berbeda, jadi ada banyak variasi dalam kapasitas urin.

Mengenali sistem saluran kencing
Organ yang terlibat dalam pembentukan dan pengeluaran urine adalah ginjal ureter dan kandung kemih

Faktor yang Mempengaruhi Fungsi Kandung Kemih

Saluran kemih terdiri dari beberapa bagian mulai ginjal, kandung kemih, ureter, hingga uretra. Ginjal menyaring darah Anda, menciptakan urin yang mengalir melalui ureter ke kandung kemih dan disimpan. Ketika waktu yang tepat tiba, otot-otot kandung kemih Anda berkontraksi dan urin keluar dari tubuh melalui uretra.

Ada beberapa jenis gangguan saluran kemih seperti penyakit bawaan, kelainan, atau kondisi yang mempengaruhi ginjal, ureter, kandung kemih, atau uretra, sehingga mempengaruhi fungsinya.

Contoh gangguan saluran kemih antara lain kanker saluran kemih, inkontinensia (ketidakmampuan untuk mengontrol aliran urin), batu ginjal,  dan infeksi saluran kemih.

Gejala umum gangguan kemih adalah sakit perut, ada darah dalam urin, perubahan urin, kesulitan memproduksi urin, demam dan menggigil, sering buang air kecil, kebocoran urin dan sebagainya.

Gangguan saluran kencing bisa memiliki komplikasi yang serius, berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan kandung kemih Anda tidak berfungsi :

Batu Ginjal

Batu ginjal adalah bahan padat seperti kerikil yang dapat terbentuk di salah satu atau kedua ginjal Anda saat kadar mineral tertentu dalam urin Anda tinggi. Batu ginjal jarang menyebabkan kerusakan permanen jika dirawat oleh ahli kesehatan.

Anda bisa mengalami batu ginjal jika merasakan sakit  di punggung, perut bagian bawah, selangkangan atau ada darah di urin. 

Untuk menyembuhkan penyakit ini, dokter biasanya akan mengecek riwayat kesehatan Anda, melakukan pemeriksaan fisik, dan tes untuk mendiagnosis batu ginjal. Tes tersebut mungkin juga dapat menunjukkan masalah yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Jika Anda memiliki batu ginjal, minumlah banyak air. Anda juga bisa mencegah batu ginjal di masa mendatang dengan mengubah jumlah natrium, protein hewani, kalsium, dan oksalat yang Anda konsumsi. Pastikan hormon ADH juga seimbang untuk mendukung kinerja ginjal.

Infeksi Saluran Kemih (ISK)

 ISK adalah faktor yang paling umum menyebabkan kapasitas kandung kemih manusia terganggu. ISK adalah kondisi dari saluran kemih Anda yang mengalami infeksi seperti uretra, kandung kemih, ureter, dan ginjal.

Usia, kebiasaan, atau kondisi kesehatan dapat membuat ISK lebih mungkin terjadi. Gejala infeksi kandung kemih salah satunya adalah ada rasa terbakar saat buang air kecil.

Kebanyakan infeksi pada wanita disebabkan oleh bakteri dari usus yang mencapai uretra dan kandung kemih. Sebagian besar infeksi pada pria disebabkan oleh masalah yang membatasi aliran urin normal, seperti pembesaran prostat.

Retensi Urin

Retensi urin adalah suatu kondisi yang membuat seseorang tidak dapat mengosongkan semua urin dari kandung kemihnya. Retensi urin adalah ketidakmampuan Anda untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya.

Gejala retensi urin dapat berkisar dari sakit perut yang parah dan ketidakmampuan untuk buang air kecil. Retensi urin disebabkan oleh penyumbatan yang sebagian atau seluruhnya menghalangi aliran urin, atau kandung kemih Anda tidak cukup kuat untuk mengeluarkan semua urin.

Anda yang mengalami kondisi ini bisa sering menjadwalkan kapan ke kamar mandi, minum obat sesuai resep, memperkuat otot dasar panggul, dan membuat pilihan makanan yang baik. Beberapa cara tersebut dapat membantu menjaga kandung kemih Anda sesehat mungkin.

Hematuria

Hematuria adalah adanya darah dalam urin seseorang.  Ada dua jenis hematuria yakni makroskopik, ketika seseorang dapat melihat darah di urinnya dan kedua adalah mikroskopik, ketika seseorang tidak dapat melihat darah di urinnya, namun masih terlihat di bawah mikroskop.

Penyebab orang mengalami pendarahan dalam urin adalah  infeksi di kandung kemih, ginjal, atau prostat, trauma, olahraga berat, aktivitas seksual atau endometriosis. Alasan lainnya orang mengalami kondisi ini adalah kanker ginjal, radang ginjal, hemofilia dan penyakit ginjal polikistik.

Inkontinensia Urin

Masalah kontrol kandung kemih adalah kondisi yang mempengaruhi cara seseorang mengendalikan atau mengeluarkan urin. Kondisi inkontinensia urin ini hampir sama dengan mengompol. Namun kondisi ini beda dengan ngompol malam hari pada Anak (nokturnal enuresis).

Inkontinensia adalah salah satu masalah kontrol kandung kemih yang paling umum. Inkontinensia bukanlah penyakit, melainkan suatu kondisi yang mungkin terkait dengan masalah kesehatan lain seperti kehamilan pada wanita atau masalah prostat pada pria.

Inkontinensia hampir sama dengan mengompol dalam psikologi. Masalah kontrol kandung kemih bisa menjadi gangguan kecil pada hidup seseorang.

Seseorang mungkin terlalu malu atau takut untuk berpartisipasi dalam aktivitas atau mungkin tidak dapat menyelesaikan rutinitas normalnya karena kondisi ini.

Orang bisa saja ngompol hanya saat berlari atau batuk. Kondisi ini menyebabkan penderita inkontinensia sulit untuk pergi ke toilet tepat waktu.

Anda yang ingin sekali menghindari berbagai faktor buruk yang mempengaruhi kapasitas kandung kemih manusia, pastikan untuk selalu olahraga kegel, minum cukup air dan konsumsi makanan yang sehat.