Kedapatan Ukuran Batu Ginjal 2 Cm Saat Medical Check-up, Apa yang Harus Dilakukan

  1. Kenali Apa Itu Penyakit Batu Ginjal dan Kenapa Bisa Mengalami
  2. Lakukan Beberapa Pemeriksaan Fungsi dan Kelainan Ginjal
  3. Klasifikasi Batu Ginjal Sesuai Ukuran, Lokasi dan Karakteristik
    1. Ukuran
    2. Lokasi
    3. Karakteristik
  4. Perawatan Jika Tidak Merasakan Gejala Sama Sekali
  5. Cara-Cara yang Bisa Digunakan untuk Mengeluarkan Batu Ginjal
    1. ESWL
    2. Ureteroskopi
    3. Bedah terbuka
    4. PCNL

Ketika Anda melakukan medical check-up dan diketahui terdapat ukuran batu ginjal 2 cm di dalam tubuh. Maka langkah pertama adalah jangan panik dan jangan stres karena dapat memperburuk keadaan.

Kepanikan dan ketakutan berlebih dapat membuat imun tubuh menjadi melemah sehingga membuat keadaan semakin parah. Seseorang akan merasa takut ketika didiagnosis penyakit ini karena menganggap bisa disembuhkan dengan operasi.

Padahal jika ukuran batu ginjal 2 cm bisa dikeluarkan secara alami tanpa harus tindakan bedah. Maka ketahui terlebih dahulu apa yang harus dilakukan agar bisa menemukan solusi penanganan yang tepat dan cepat.

Kenali Apa Itu Penyakit Batu Ginjal dan Kenapa Bisa Mengalami

Ketika seseorang didiagnosis suatu penyakit pasti akan muncul rasa sedih, takut, panik dan memikirkan dampak terburuk. Hal ini sangat wajar karena penyakit memiliki makna negatif sehingga membuat seseorang menjadi terpuruk.

Maka langkah awal ketika didiagnosis penyakit salah satunya batu ginjal dengan ukuran batu ginjal 2 cm maka gali informasi mengenai penyakit ini.

Tujuannya agar Anda mengetahui apa sebenarnya yang terjadi dengan tubuh dan bisa menemukan solusi penyembuhan secara tepat.

Batu ginjal merupakan penyakit yang disebabkan adanya endapan keras pada ginjal dan mirip seperti batu. Endapan tersebut bisa terbentuk dari mineral dan garam dengan berbagai ukuran.

Penyakit ini dikenal juga dengan istilah kencing batu dari ukuran kecil hingga besar di dalam ginjal. Jadi jika Anda menemukan ukuran batu ginjal 2 cm di dalam tubuh maka harus mengetahui cara terbaik penyembuhannya.

Biasanya batu-batu ukuran kecil agar keluar bersama dengan urine secara alami dan tidak terlalu sakit. Sementara pada satu kondisi bisa saja batu tersebut akan semakin membesar dan menyebabkan sakit luar biasa.

Baca Juga
Jangan Sampai Terlambat, Mengapa Batu Ginjal Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal!

Seseorang bisa mengalami penyakit ini karena disebabkan oleh banyak hal, seperti:

  1. Kelebihan kalsium dalam tubuh yang seharusnya digunakan oleh otot justru larinya ke ginjal. Kalsium secara alami diproduksi oleh tubuh namun juga bisa didapatkan dari asupan makanan dan juga minuman.
  2. Memiliki penyakit asam urat tinggi karena urine mengandung terlalu banyak asam.
  3. Infeksi ginjal yang disebabkan oleh beberapa hal seperti gaya hidup tidak sehat dan lainnya.
  4. Faktor genetik karena adanya kelainan genetik yang menyebabkan adanya penyakit turunan dari orang tua ke anak.

Lakukan Beberapa Pemeriksaan Fungsi dan Kelainan Ginjal

Jika Anda didiagnosis memiliki ukuran batu ginjal 2 cm namun merasa kurang yakin. Maka bisa melakukan beberapa pemeriksaan fungsi serta kelainan ginjal dengan beberapa tes berikut ini.

  1. Tes darah yang bertujuan untuk mendeteksi jumlah kalsium serta jumlah kadar asam urat.
  2. Tes urine di mana tes ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah mineral yang dikeluarkan terlalu banyak atau tidak.
  3. Tes pencitraan atau CT-scan yang bertujuan menemukan ukuran batu ginjal 2 cm atau bisa lebih kecil maupun lebih besar.
  4. USG membantu mempermudah mendiagnosis batu secara cepat dan akurat. Selain itu USG tidak menimbulkan risiko serta dari segi biaya jauh lebih murah dibandingkan dengan CT-Scan.
  5. Analisa mandiri dengan mengecek batu yang keluar dari urine menggunakan saringan.

Dengan adanya pemeriksaan lebih lengkap dan detail sehingga bisa diketahui ukuran batu ginjal 2 cm. Informasi seperti ini akan memudahkan dokter dalam mengambil langkah penanganan secara tepat.

Klasifikasi Batu Ginjal Sesuai Ukuran, Lokasi dan Karakteristik

Meskipun sudah dipastikan Anda mengalami penyakit batu ginjal namun diperlukan klasifikasi lebih detail. Tujuannya untuk mendapatkan informasi tentang ukuran pasti batunya, lokasi serta bagaimana karakteristiknya.

Ukuran

Secara umum batu ginjal terbagi dalam beberapa ukuran yaitu 5 mm, 5 – 10 mm, 10 – 20 mm serta lebih dahi 20 mm. Jika Anda memiliki ukuran batu ginjal 2 cm maka akan dilakukan proses pengobatan sesuai ukurannya.

Lokasi

Meskipun sudah dipastikan kalau batu ini terletak pada ginjal namun tidak diketahui pasti di mana posisinya. Maka agar memudahkan dalam proses pengobatan harus dicari tahu titik lokasi batu-batu tersebut.

Baca Juga
Kenali 5 Jenis Batu Ginjal yang Sering Terjadi di Indonesia

Bisa saja batu-batu tersebut terletak di kaliks ginjal superior, kalik ginjal inferior, kalik ginjal medical, pelvis renalis, buli atau kandung kemih serta ureter proksimal.

Masing-masing lokasi tersebut dapat membedakan cara penangannya sehingga harus dicari terlebih dahulu. Jika posisi batunya tidak menganggu saluran kencing maka bisa dilakukan pengobatan lain selain bedah.

Karakteristik

Selain beberapa ukuran batu ginjal 2 cm, ternyata masih ada hal lain yang perlu dipahami. Salah satunya karakteristik batu-batu tersebut karena masing-masing penderita bisa menjadi berbeda.

Mengingat jenis penyakit ini juga beragam sehingga harus disesuaikan dengan karakteristiknya. Dengan informasi ini membuat dokter lebih mudah memberikan obat agar bisa memecahkan batu-batu tersebut.

Perawatan Jika Tidak Merasakan Gejala Sama Sekali

Ketika Anda didiagnosis memiliki ukuran batu ginjal 2 cm namun tidak merasakan gejala sama sekali. Maka bisa melakukan perawatan sendiri yang dapat membantu mengeluarkan batu-batu tersebut secara alami.

Namun meskipun Anda melakukan perawatan mandiri tetap harus dalam pengawasan dokter. Hal ini penting agar kondisi tersebut bisa ditangani dan tidak akan menjadi lebih parah dari saat ini.

Perawatan pertama adalah dengan mencoba menggunakan cara alami seperti mengonsumsi banyak air putih. Air putih memang tidak membantu Anda dalam proses penyembuhan penyakit ini.

Namun dapat membantu mencegah agar jumlah batu di dalam ginjal tidak semakin banyak dan semakin mengeras. Air putih juga dapat membantu meningkatkan jumlah urine sehingga batu-batu berukuran kecil akan keluar bersama urine.

Terkadang ada kondisi di mana ukuran batu ginjal 2 cm namun tidak merasakan nyeri. Namun dokter tetap akan merekomendasikan obat yang dapat meredakan rasa nyeri dan sakit agar ketika dibutuhkan Anda tidak panik.

Karena pada penderita tertentu bisa saja merasakan sakit luar biasa dan nyeri pada area perut. Hal ini membuat tidak nyaman karena sulit untuk istirahat maupun makan sehingga membuat kondisi semakin memburuk.

Baca Juga
Ketemu Batu di Ginjal, Kenali Apakah Batu Ginjal Bahaya atau Tidak

Konsultasikan kepada dokter setiap perubahan kondisi yang dialami agar bisa memberikan obat secara tepat. Anda dapat meminum obat tersebut jika dirasa dibutuhkan dan jika tidak merasakan sakit maka tidak perlu.

Jika diperlukan Anda bisa melakukan terapi medis seperti terapi untuk melemaskan otot ureter atau saluran kemih. Tujuannya agar tidak merasakan sakit ketika mengeluarkan batu tersebut.

Cara-Cara yang Bisa Digunakan untuk Mengeluarkan Batu Ginjal

Setelah memahami betul tentang penyakit ini dan menerima kalau ada ukuran batu ginjal 2 cm di dalam tubuh. Maka langkah selanjutnya adalah mencari informasi tentang cara pengobatan yang bisa digunakan.

ESWL

Tindakan medis yang pertama yaitu dengan menggunakan terapi ESWL atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy. Terapi ini yaitu sebuah prosedur menghancurkan batu dengan memakai gelombang suara frekuensi tinggi.

ESWL bukan merupakan tindakan bedah namun dengan terapi agar batu hancur dan menjadi serpihan kecil. Ketika sudah hancur maka akan semakin mudah mengeluarkannya tanpa perlu tindakan bedah.

Ureteroskopi

Cara kedua yaitu dengan ureteroskopi yaitu pengangkatan batu ginjal dengan cara memasukkan sebuah alat ke ureter. Cara ini digunakan untuk menangani batu yang terjebak dalam ureter. Ketika batu sudah diketahui letaknya maka akan dihancurkan memakai laser atau instrumen lainnya.

Bedah terbuka

Bedah terbuka sebenarnya sudah jarang dilakukan karena banyak metode lain yang bisa digunakan. Biasanya bedah terbuka menjadi pilihan terakhir misal karena ukuran batunya sudah sangat besar.

Bisa juga cara ini dipilih karena melihat kondisi pasien yang tidak memungkinkan menggunakan cara lain. Serta dibutuhkan tindakan yang cepat karena kondisi kesehatan semakin memburuk.

PCNL

PCNL merupakan prosedur penghancuran batu ginjal namun berbeda dengan tindakan operasi. Dibuat sayatan kecil kemudian memasukkan alat untuk menghancurkan kemudian mengangkat serpihan batunya.

Semua orang memiliki risiko terkena penyakit batu ginjal namun jangan khawatir karena bisa disembuhkan. Meskipun ukuran batu ginjal 2 cm, Anda dapat memilih cara terbaik pengobatan sesuai ukuran, lokasi, dan karakteristik.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *