Siang dok maaf mengganggu waktunya, Dok kenapa ya saat saya mw berhubungan badan penis saya tidak mau berdiri. Langkah apa yg harus saya lakukan dok. Terima kasih

Pertanyaan yang saya quote di atas sangat banyak kita jumpai di masyarakat, baik saat kita membaca blog-blog tentang edukasi kedokteran ataupun forum-forum yang membahas kesehatan pria. Penis yang keras, yang mampu melakukan penetrasi yang cukup dan memberikan kepuasan baik bagi laki-laki ataupun wanita, adalah dambaan setiap pria. Salah satu faktor renggangnya hubungan suami istri adalah penis suami yang tidak dapat berdiri.

Jadi pertanyaanya, sebenarnya apa yang terjadi agar penis berdiri dengan keras?

Penis yang berdiri dengan keras merupakan proses yang panjang. Penis pria yang berdiri dengan keras (atau biasa disebut dengan ereksi) adalah suatu respon stimulus seperti rangsang sentuhan, penglihatan, penciuman, perabaan yang biasanya didapatkan sebelum berhubungan seksual.

Saat ereksi, terjadi peningkatan aliran darah ke dalam bagian penis. Untuk memudahkannya, Anda bayangkanlah sebuah balon mainan yang di tiup. Apa yang membuat balon tersebut dapat menjadi keras? Tentu Anda tau jawabannya, angin yang ditiupkan ke dalam balon dan angin tersebut tetap berada di dalam balon (tidak ada kebocoran). Sama halnya dengan penis yang ereksi, darah harus masuk ke dalam penis, dan berhasil tetap di dalam penis karena tidak bocor keluar kembali ke peredaran darah utama.

Balon yang terisi angin sama halnya dengan penis yang terisi darah yang penuh saat ereksi

Darah di penis akan tertampung di dalam struktur yang dinamakan corpus cavernosum. Pembuluh darah arterilah yang menyuplai darah ke dalam corpus cavernosum tersebut. Darah dapat mengalir ke dalam penis karena kekuatan pompa jantung.

Saat pria terangsang, otak akan mengirim sinyal ke saraf penis agar darah dipompakan ke dalam corvpus cavernosum. Darah yang masuk ke dalam penis melebihi kemampuan keluar nya darah sehingga darah akan tertumpuk di dalam penis dan membuat penis tegang. Karena aliran darah yang tinggi, vena-vena di dalam penis akan terkompresi sehingga membuat darah tidak kembali ke dalam perderan darah utama.

Jadi, dengan mengerti mengapa penis dapat berdiri, Anda dapat mengenali dengan mudah apa yang menyebabkan penis tidak dapat berdiri (atau biasa disebut dengan impotensi).

Erect penis = penis berdiri kencang karena penumpukan darah

Beberapa faktor yang dapat terjadi yaitu

  • Rangsangan tidak cukup (fore play tidak cukup, perasaan stres, depresi, atau sedang malas untuk berhubungan seks)
  • Adanya kelainan syaraf (seperti penyakit stroke, diabetes mellitus, atau penyakit syaraf tepi lainnya)
  • Gangguan kualitas darah dan pembuluh darah (kolesterol yang tinggi, merokok, memiliki penyakit diabetes mellitus)
  • Gangguan pompa jantung sehingga jantung tidak mampu memompa darah secara makasimal ke penis

Penis tidak dapat berdiri bukanlah hal yang normal, segera konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami hal ini. Jangan-jangan gangguan ereksi adalah gejala dini Anda memiliki penyakit lain yang lebih berat

Salam sehat,

dr. Andika Afriansyah, SpU

Dokter Bedah Urologi RS Tiara Bekasi