Makanan tinggi kalsium – Kalsium adalah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Jumlah kalsium yang terdapat di dalam tubuh orang dewasa adalah sekitar 1,5 hingga 2% dari berat badannya.

Kandungan kalsium di dalam tubuh terbanyak berada di dalam tulang. Kebutuhan kalsium pada tubuh orang dewasa dengan usia 18 tahun ke atas adalah sekitar 800 mg per hari. Namun kebutuhan ini berbeda pada beberapa kasus seperti pada ibu hamil, pasca menopouse dan lain sebagainya.

makan tinggi kalsium
Berbagai macam sumber makan tinggi kalsium mulai dari golongan sumber hewani dan nabati

Fungsi kalsium untuk tubuh manusia

Fungsi kalsium di dalam tubuh antara lain adalah untuk membentuk struktur tulang dan gigi yang kuat, mencegah osteoporosis. Selain itu, kalsium berfungsi untuk membentuk hormon, membentuk berbagai jenis enzim, memberikan kelenturan terhadap dinding pembuluh darah, berfungsi untuk penyembuhan terhadap luka, mengurangi resiko terjadinya kanker usus besar dan kalsium berfungsi sebagai nutrisi yang penting untuk wanita menopouse.

Tahukah kamu, ternyata makan-makanan tinggi kalsium bisa mencegah batu ginjal. Memang buat telinga orang awam cukup mengherankan. Padahal, mayoritas batu ginjal adalah berjenis kalsium. Mengapa bisa memakan makanan tinggi kalsium malah mencegah batu ginjal?

Baca juga : Batu ginjal jenis kalsium

Secara prinsip, dengan memakan makanan tinggi kalsium, kalsium tersebut dapat mengikat zat pembentuk batu lainnya contohnya oksalat. Jika kalsium berikatan dengan oksalat di dalam usus, kalsium oksalat tidak akan masuk ke dalam peredaran darah sehingga akhirnya tidak bisa membentuk batu di saluran ginjal. Darah akan disaring di dalam ginjal menjadi urin, jika kalsium oksalat gagal masuk ke dalam darah tentu tidak akan bisa juga masuk ke dalam urin.

Setelah kita mengetahui betapa pentingnya kalsium untuk tubuh kita, maka kita harus mencukupi kebutuhannya bagi tubuh. Cara untuk memenuhinya adalah dengan mengkonsumi makanan – makanan yang mengandung banyak kalsium tinggi. Memakan makanan tinggi kalsium adalah cara alami menyembuhkan batu ginjal.

makanan olahan susu tinggi kalsium
Makanan olahan susu adalah sumber kalsium hewani

Baca juga : Cara alami menyembuhkan batu ginjal

Sumber makanan tinggi kalsium dari golongan hewani

Susu  merupakan zat makanan yang tinggi kalsium

Kandungan kalsium di dalam 100 gram susu sapi mempunyai 143 mg. sehingga susu tergolong sebagai minuman yang bergizi dengan kalsium yang terbaik juga efektif dalam memenuhi kebutuhan asupan tubuh.

Selain minuman susu, kita dapat menemui kandungan kalsium tinggi tinggi pada tepung susu. Tepung susu memiliki kandungan 770 mg kalsium di setiap 100 gram nya. Penggunaan tepung susu ini banyak digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kue.  

Perlu diperhatikan disini adalah susu terkadang memiliki zat lain seperti lemak yang tinggi. Jika kamu adalah orang yang membutuhkan kalsium tinggi dan ingin terhindar dari lemak-lemak jahat, pilihlah susu yang rendah lemak (low fat milk).

Keju memiliki kandungan kalsium yang tinggi

Keju adalah salah satu makanan produk olahan susu yang banyak digemari oleh semua kalangan, selain rasanya yang enak juga merupakan sumber makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi.

Kandungan kalsium di dalam 100 gram keju adalah sebesar 777 mg. Keju parmesan memiliki kandungan kalsium paling banyak daripada keju lembut atau jenis keju lainnya.

Yogurt

Yogurt juga merupakan produk olahan susu yang banyak mengandung kalsium. Kandungan di dalam 100 gram yogurt adalah sebanyak 120 mg.

Yogurt juga memiliki kandungan bakteri probiotik hidup yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Secara keseluruhan manfaat yogurt dengan segala kandungan nutrisinya ini adalah dapat meningkatkan kesehatan metabolik.

Probiotik yang ada di yogurt juga membantu mencegah konstipasi dan menyehatkan usus. Pilihlah yogurt yang rendah gula agar manfaatnya lebih maksimal. Banyak yogurt yang beredar dipasaran mengandung terlalu banyak gula. Pilihlah yogurt yang rendah gula agar anda tak kelebihan kalori dan berujung pada obesitas

Ikan laut

Sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi juga datang dari golongan ikan laut. Contoh makanan dari sumber hewani ini adalah ikan bandeng presto yang memiliki kandungan kalsium sebanyak 1422 mg di setiap 100 gramnya.

Sementara, udang kering memiliki kandungan kalsium 1209 mg di setiap 100 gramnya dan ikan teri kering memiliki 1200 mg kalsium di setiap 100 gram nya. Sehingga dengan kandungan kalsium yang melimpah ini kita dapat mengkonsumsinya untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Sarden kaleng juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi yaitu dalam setiap 100 gram sarden kaleng mengandung 354 mg kalsium. Hal ini disebabkan karena tulang dari sarden ini juga dapat dikonsumsi. Selain itu, ikan sarden memiliki protein yang berkualitas dan juga asam lemak omega 3 yang sangat baik.

Baca juga : Batu ginjal, gejala serta pengobatannya

Makanan tinggi kalsium yang berasal dari sumber nabati

Sayuran hijau

Setelah kita mengetahui makanan yang mengandung kalsium tinggi yang berasal dari hewani, maka selanjutnya kita akan membahas sumber makanan berkalsium tinggi yang berasal dari sayuran hijau. Beberapa jenis sayuran hijau yang mengandung banyak kalsium tinggi adalah bayam, sawi, selada air dan daun singkong.

Kandungan kalsium di setiap 100 gram bayam adalah sebanyak 267 mg, kandungan kalsium di dalam 100 gram sawi adalah sebanyak 220 mg, kandungan kalsium dalam 100 gram selada air adalah sebanyak 182 mg dan kandungan di setiap 100 gram daun singkong adalah sebanyak 165 mg.

Biji – bijian

Biji – bijian juga banyak mengandung kalsium. Contoh dari biji – bijian yang banyak mengandung kalsium adalah kacang tanah, kacang merah dan edamame yang dapat diolah menjadi tahu. Kandungan kalsium di setiap 100 gram kacang tanah adalah sebanyak 316 mg, kandungan kalsium di setiap 100 gram kacang merah adalah sebanyak 84 mg dan kandungan di setiap 100 gram tahu adalah sebanyak 124 mg.

Biskuit dan roti

Selain dari makanan – makanan di atas, juga terdapat sumber kalsium dari makanan olahan seperti biskuit dan roti. Di dalam 100 gram biskuit memiliki kandungan kalsium sebanyak 62 mg dan di dalam 100 gram roti memiliki kalsium sebanyak 10 mg.

Dari uraian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa kita dapat menemui makanan – makanan mengandung kalsium tinggi di sekitar kita. Sehingga kita dapat memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan kita karena tidak baik jika kita mengkonsumsi kalsium dalam jumlah kurang dan begitu pula tidak baik jika kita mengkonsumsi kalsium dengan jumlah yang berlebihan.

Janganlah anda menunggu terkena batu ginjal baru mengkonsumsi makanan tinggi kalsium. Jika anda mengalami gejala batu ginjal, silakah hubungi dr. Andika, SpU dokter urologi bekasi.

Baca juga : obat-obatan untuk menyembuhkan batu ginjal di apotik

Sumber

Healthline. Top 15 Calcium-Rich Foods (Many Are Non-Dairy). Diakses 9 Januari 2021