Makanan tinggi oksalat – Asam oksalat adalah senyawa kimia yang memiliki rumus C2H2O4. Asam oksalat diperlukan bagi tubuh hanya dalam kadar tertentu. Fungsi asam oksalat di dalam tubuh adalah berperan pada proses metabolisme dengan melakukan pengikatan mineral sehingga membuatnya mudah diserap oleh tubuh.

Fungsi asam oksalat lainnya adalah untuk memperbaiki sel – sel tubuh. Namun demikian jika kadar asam oksalat di dalam tubuh berlebihan maka dapat menimbulkan penyakit. Salah satu contoh penyakit yang disebabkan karena kelebihan asam oksalat adalah gangguan pada ginjal.

Selain itu, makan oksalat yang terlalu tinggi juga berdampak pada timbulnya batu ginjal terutama batu ginjal kalsium oksalat.

Makanan tinggi oksalat
Makanan tinggi oksalat perlu dihindari karena memicu batu ginjal

Maka dari itu kita harus mengetahui beberapa makanan mengandung oksalat tinggi.

Apa saja makanan yang mengandung oksalat tinggi?

Makanan yang kita konsumsi dalam keseharian ternyata banyak yang mengandung oksalat tinggi, sehingga di dalam jumlah penggunaannya kita harus lebih berhati – hati agar tidak berlebihan. Berikut beberapa daftar makanan yang mengandung oksalat tinggi :

Bayam

Bayam adalah sayuran yang sering kita jumpai dan sering kita konsumsi di dalam kehidupan kita sehari – hari. Sayuran ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga ternyata mengandung oksalat yang tinggi pula.

Reaksi oksalat dengan kalsium di dalam tubuh akan membentuk kalsium oksalat.Kalsium oksalat memiliki sifat fisik yang berupa Kristal dan dapat mengendap di dalam ginjal kita. Oleh karena itu penderita ginjal harus menghindari sayuran bayam ini.

Baca juga : sumber makanan tinggi kalsium

Menurut penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa kandungan oksalat tertinggi pada bayam terdapat pada bagian daunnya dibandingkan dengan bagian batangnya.

Kacang almond dan kacang mete

Kacang almond dan kacang mete adalah makanan yang sangat digemari oleh semua golongan. Kedua kacang ini memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh namun ternyata juga memiliki kandungan oksalat yang tinggi. Mengkonsumsi almond atau kacang mete harus sesuai dengan porsi yang dibutuhkan.

Selain kacang almond dan kacang mete, juga terdapat kacang – kacangan lainnya yang merupakan makanan mengandung oksalat tinggi. Contohnya adalah kacang tanah dan juga okra.

Umbi

Sebagai alternatif makanan pokok, beberapa dari kita mengkonsumsi umbi agar mengurangi ketergantungannya pada beras. Umbi – umbian yang kita sering gunakan adalah talas. Talas memiliki kandungan karbohidrat yang tingga sehingga berpotensi menjadi bahan pokok alternatif.

Kandungan lainnya adalah vitamin C, protein, niasin dan riboflavin. Namun disamping itu ternyata talas memiliki kandungan oksalat yang tinggi. 

Cokelat

Cokelat adalah makanan yang banyak digemari dari kalangan anak – anak hingga dewasa. Cokelat memiliki rasa manis yang dapat dinikmati kapan saja. Namun rasa nikmat ini ternyata memiliki kandungan oksalat yang cukup tinggi.  Cokelat ini dapat menyebabkan dampak yang buruk bagi konsumennya jika dikonsumsi dengan kadar yang berlebih.

Bagi penderita batu ginjal seharusnya menghindari konsumsi cokelat karena dapat memperparah kondisi ginjalnya disebabkan kandungan oksalat pada coklat dapat meningkatkan kadar oksalat di dalam urin. Cokelat batangan sebanyak 100 gram mampu meningkatkan eksresi oksalat yaitu sebanyak tiga kali lipat dan juga dapat meningkatkan ekskresi kalsium.

Baca juga : cara mencegah batu ginjal

coklat merupakan makanan tinggi oksalat
Jika anda memilki batu ginjal, konsumsi coklat sebaiknya dikurangi karena memicu batu ginjal

Apakah Makanan lainnya yang mengandung oksalat tinggi?

Selain dari jenis sayuran , makanan dan jenis biji – bijian di atas, terdapat pula jenis dari buah – buahan yang memiliki kandungan oksalat yang tinggi. Contohnya adalah belimbing, alpukat, anggur, kurma dan jeruk. Namun meskipun mengandung oksalat yang tinggi, kita dapat mengkonsumsinya dalam batas yang wajar.

Makanan lainnya yang mengandung oksalat tinggi yaitu sereal gandum, kentang panggang dengan kulitnya, bubur jagung, bit, okra, kale, bubuk koko,  kentang goreng dan raspberi.  

Dampak kesehatan makan makanan tinggi oksalat

Resiko mengkonsumsi oksalat dengan kadar yang tinggi adalah dapat mengurangi daya penyerapan mineral oleh tubuh, meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal dan juga dapat menghambat penyerapan nutrisi oleh tubuh.

Namun dengan adanya resiko ini tidak serta merta kita harus menjauhi buah – buahan dan sayuran karena nantinya akan menyebabkan masalah kesehatan yang lain.  Respon tubuh juga sebenarnya dapat secara perlahan mengurangi oksalat yang masuk dengan otomatis.

Adanya bakteri di dalam usus (bakteri Oxalobacter formigenes) yang berfungsi untuk mencerna oksalat untuk dijadikan bahan makanan oleh mereka. Adanya bskter tersebut membuat oksalat dapat berkurang secara signifikan.

Sayangnya tidak semua orang memiliki bakteri ini dengan jumlah yang banyak sehingga respon tubuh yang ditimbulkan terhadap adanya oksalat ini akan berbeda pada masing – masing individu.

Untuk orang yang menderita batu ginjal seharusnya melakukan konsultasi dengan dokter urologi bekasi dalam menjalani diet rendah oksalat agar keseimbangan kebutuhan tubuh tetap terjaga, sehingga kehadiran oksalat di dalam tubuh tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Baca juga : obat batu ginjal di apotik

Penutup

Demikian uraian tentang makanan mengandung oksalat tinggi. Semoga dapat bermanfaat dan kita harus tetap menjaga kesehatan dengan memenuhi asupan makanan yang seimbang, gizi yang cukup dan juga melakukan olahraga secara rutin.

Referensi

WebMD. Can What You Eat Give You Kidney Stones?. Diakses 10 Januari 2021