Manfaat olahraga untuk kesehatan ginjal — Olahraga merupakan sebuah aktivitas yang biasanya dilakukan oleh seseorang. Olahraga dapat dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Perlu diketahui bahwa olahraga tidak hanya bermanfaat untuk kekebalan tubuh saja. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berolahraga, salah satunya adalah untuk kesehatan ginjal dan mencegah batu ginjal.

olahraga untuk kesehatan ginjal
Rutin berolahraga membuat anda memiliki kesehatan ginjal yang baik

Pentingnya kesehatan ginjal : manfaat olahraga

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam mengatur keseimbangan air dan metabolit dalam tubuh. Ginjal juga dapat menjaga keseimbangan asam basa dalam darah.

Seseorang yang mengidap penyakit ginjal tentunya akan mengalami suatu gejala pada tubuh. Tanda gangguan ginjal meliputi

  • Nyeri yang muncul di punggung, dimana nyeri ini bisa menjalar ke perut bagian bawah atau selangkangan
  • Terdapat nyeri saat buang air kecil
  • Pembengkakan pada kaki
  • Anemia atau kurang darah
  • Tensi darah yang tak terkendali, dan lain sebagainya

Baca juga : gejala dan tanda batu ginjal

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan suatu gejala yang di alami, karena jika Anda mengalami gejala tersebut sebaiknya konsultasikan pada dokter urologi.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit tersebut adalah berolahraga.

Sudah banyak penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan olahraga secara rutin bisa bermanfaat untuk kesehatan ginjal.

Berikut akan kami jelaskan mengenai manfaat yang bisa di dapatkan dari melakukan olahraga secara rutin, diantaranya meliputi :

Apa saja manfaat olahraga untuk kesehatan ginjal?

Olahraga dapat menurunkan kadar gula darah

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan olahraga adalah dapat menurunkan kadar gula darah. Kadar gula darah ini penting dan perlu dijaga dalam batas normal agar tidak terjadi gangguan pada tubuh.

Olahraga merupakan aktivitas yang dapat menurunkan gula darah dengan membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap insulin. Hal ini bisa terjadi karena pada saat Anda melakukan olahraga, sel-sel tubuh Anda akan meningkatkan kepekaannya terhadap hormon insulin. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol kadar gula dalam darah Anda.

Karena uraian di atas, dapat dikatakan bahwa dengan melakukan olahraga secara rutin maka dapat bermanfaat untuk kesehatan ginjal. Olahraga rutin juga sangat dianjurkan bagi penderita penyakit ginjal .

Olahraga dapat melatih otot dan tulang

Selain menurunkan kadar gula darah, ternyata olahraga juga dapat melatih otot dan tulang dengan baik. Otot merupakan salah satu jaringan pada tubuh seseorang yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang dapat menggerakan tulang.

Dengan melakukan aktivitas fisik bisa membuat otot-otot dapat bergerak berulang kali. Otot yang terlatih membuat kesehatan secara umum meningkat.

Dengan berolahraga merupakan salah satu cara termudah yang bisa dilakukan bagi penderita penyakit ginjal.

Olahraga dapat mengeluarkan cairan berlebihan

Mengeluarkan keringat yang berlebihan merupakan salah satu manfaat yang bisa di dapatkan dari olahraga. Keringat merupakan salah satu cairan tubuh alami yang memiliki kandungan garam, air.

Seseorang yang berolahraga dapat mengeluarkan keringat, dimana dengan berkeringat dapat mengeluarkan racun, terutama melepaskan garam yang berlebihan.

Dapat dikatakan bahwa dengan berolahraga secara teratur dapat membantu Anda dalam menurunkan resiko penyakit ginjal dan membuat kinerja ginjal menjadi lebih ringan. Oleh karena itu, olahraga memiliki manfaat untuk kesehatan ginjal

Hal ini dapat di lakukan dengan cara Anda bereaktivitas atau berolahraga secara rutin dalam waktu kurang lebih 20 menit setiap hari.

Olahraga dapat mengurangi penyerapan kalsium dalam ginjal

Dari beberapa manfaat yang sudah di jelaskan di atas, ternyata manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari olahraga adalah mengurangi penyerapan kalsium dalam ginjal.

Kadar kalsium yang berlebihan di urin memicu batu ginjal Batu ginjal bisa sangat mengiritasi dan menyakitkan bagi tubuh. Batu ginjal juga bisa merusak ginjal yang tak tegantikan dengan mesin. Berarti, dengan berolahraga rutin tentu akan memberi manfaat untuk kesehatan ginjal

Selain itu, dengan melakukan olahraga seperti jogging atau lari juga dapat menurunkan laju penyerapan kalsium di ginjal dan  dapat meminimalkan pembentukan batu ginjal. Dapat di katakan bahwa olahraga secara rutin merupakan salah satu aktivitas yang perlu dilakukan oleh setiap orang.

Baca juga : batu ginjal kalsium oksalat

Penutup mengenai manfaat olahraga dan kesehatan ginjal

Itulah beberapa pembahasan yang dapat di jelaskan mengenai manfaat olahraga untuk kesehatan ginjal. Dengan pembahasan sederhana ini, semoga kita bisa melakukan olahraga secara rutin agar terhindar dari suatu penyakit berbahaya seperti ginjal.

Salam sehat
dr. Andika Afriansyah, SpU (dokter urologi bekasi)