Mastrubasi onani dan ejakulasi dini
Mastrubasi onani dan ejakulasi dini

Mastrubasi onani ejakulasi dini — Ejakulasi dini saat ini menjadi masalah kesehatan yang cukup mengantui para kaula muda utamanya laki-laki yang baru menikah. Selama ini selalu mastrubasi, tetapi saat menikah tiba-tiba baru masuk ke dalam vagina istri sudah keluar.

Ejakulasi dini memiliki efek yang sangat berat baik bagi kondisi psikologis si laki-laki dan tentu juga kepuasan si wanita.

Ejakulasi dini di masyarakat seperti fenomena gunung es. Mengapa saya katakan fenomena gunung es, saya hampir tidak pernah menjumpai konsultasi tatap muka dengan pasien yang murni datang karena keluhan ejakulasi dini.

Berbeda dengan konsultasi online via Platform Halodoc, ejakulasi dini malah menjadi salah satu penyakit tersering yang saya terima konsultasinya.

Dan pertanyaan yang paling sering muncul dari pasien-pasien saya adalah

Apakah ejakulasi dini ini disebabkan karena terlalu banyak mastrubasi?

Siapa penulis artikel ini

Sebelumnya, anda mungkin bertanya, siapa sih saya? Apa krendesial saya dalam menulis artikel ini…

Nama saya Dr. Andika Afriansyah

Saya adalah seorang dokter bedah saluran kemih, atau biasa juga disebut Dokter Ahli Urologi.

Lulus dari Departemen Urologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun 2020, Saya aktif dalam organisasi Urologi tingkat Nasional maupun internasional. Antara lain, Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI), International Continance Society (ICS) dan Endoruology Society.

Sehari-hari saya berpraktek di RS. Pusat Persahabatan, RS. Mitra Keluarga Bekasi Timur dan RS. Tiara Bekasi.

Nah, sekarang kita masuk ke materi pembahasannya…

Ejakulasi dini dan impotensi, apa bedanya?

Ejakulasi dini sangat berbeda dengan impotensi. Ejakulasi dini artinya penis yang terlalu cepat mengeluarkan air mani saat sudah masuk ke dalam vagina perempuan. Ejakulasi dini tidak bisa dihitung jika hanya menggunakan mastrubasi.

Berbeda dengan impotensi, impotensi berarti ketidakmampuan mendapatkan dan mempertahkan ereksi yang keras agar mencapai kepuasan sexual maximal. Tetapi, Anda juga dapat mengalami kedua penyakit ini bersamaan, yaitu Anda mengalami impotensi sekaligus ejakulasi dini.

Mengatasi ejakulasi dini dan impotensi tentu jauh lebih sulit, karena Anda mengalami dua kelainan sekaligus. Kontrol ke dokter urologi langsung adalah cara terbaik jika Anda mengalami kejadian ini.

Apa saja gejala ejakulasi dini ?

Ejakulasi dini yang muncul kadang-kadang tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Anda baru perlu mendapatkan terapi ejakulasi dini jika terjadi sering sekali dan setiap saat berhubungan sexual mengalami ejakulasi dini.

Ejakulasi dini ini sangat sering ditemui, bahkan satu dari tiga pria akan mengalami ejakulasi dini pada suatu saat selama masa hidupnya.

Jika menggunakan patokan waktu, rata-rata waktu ejakulasi pria normal adalah 6,5 menit. Waktu dihitung mulai dari penis masuk ke vagina dan keluar air mani. Yang tergolong ejakulasi dini adalah  jika ejakulasi dalam waktu 2 menit dari awal penis masuk ke vagina.

Sudah jelas ya, mastrubasi bukan patokan ejakulasi dini. Masih banyak yang menghitung waktu ejakulasi nya menggunakan mastrubasi. Mastrubasi bukan patokan ejakulasi ini

Ejakulasi dini terbagi menjadi dua kategori yaitu

  • Ejakulasi dini primer : artinya Anda mengalami ejakulasi dini sejak pertama kali Anda melakukan hubungan sexual
  • Ejakulasi dini sekunder : artinya Anda mengalami ejakulasi dini, tetapi sebelumnya Anda normal

Berapa sering sih laki-laki normalnya mastrubasi atau onani?

Menjawab pertanyaan ini adalah yang paling susah. Ini karena mastrubasi selain memiliki banyak manfaat, juga memiliki dampak negatif.

Belum ada penelitian medis yang secara sahih mengatakan batasan maksimal dari jumlah mastrubasi. Semua tergantung kondisi fisik dan mental Anda. Jika dalam kondisi prima, mastrubasi 2-3x per minggu tidak akan menjadi masalah. Berbeda jika Anda memaksakan mastrubasi dalam keadaan lelah, ini membuat kesehatan Anda semakin turun.

Dari sisi medis, mastrubasi yang sering memiliki manfaat mencegah kanker prostat di kemudian hari. Kanker prostat merupakan kanker tersering di urologi dan butuh penceghan dan penangan sedini mungkin.

Mastrubasi mengurangi peradangan pada prostat sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kanker prostat di kemudian hari. Selain itu, peradangan prostat juga dapat diakibatkan karena kebiasaan bersepeda atau infeksi saluran kemih

Ejakulasi dini tidak disebabkan karena sering mastrubasi atau onani

Sudah banyak studi yang mengatakan tidak ada hubunganya mastrubasi yang berlebih dengan ejakulasi dini.

Penelitian yang diterbitkan di Journal of Sexual Medicine pada bulan Mei 2013 pada 1.000 laki-laki mendapatkan hasil bahwa tidak ada hubungan antara ejakulasi dini dan mastrubasi yang berlebihan.

Bahkan, ada beberapa teknik mastrubasi yang dapat digunakan untuk menyembuhkan ejakulasi dini ini.

Teknik mastrubasi untuk terapi ejakulasi dini

Penelitian baru di Cina yang dipublikasikan oleh Asian Journal of Andrology mendapatkan hasil bahwa teknik mastrubasi penis root mastrubation (mastrubasi pangkal penis) membantu laki-laki berlatih mengontrol ejakulasinya. Mastrubasi dengan teknik menggesek-gesek pangkal penis tanpa menyentuh bagian kepala penis sampai ada keinginan ejakulasi dan segera men-stop sampai keinginan ejakulasi mereda terbukti mampu memperpanjang waktu ejakulasi pria di vagina wanita.

Ejakulasi dini dan mastrubasi onani
Cara mastrubasi untuk latihan mengendalikan kontrol ejakulasi dini

Jadi, apa Anda siap berlatih untuk memperlama ejakulasi Anda?