Ngompol malam dewasa — Meskipun ngompol atau kencing malam di malam hari umumnya selalu terjadi pada anak-anak, kondisi ini ternyata juga bisa menimpa orang dewasa. Kencing saat malam hari ini disebut dengan enuresis nokturnal.

Mengompol pada orang dewasa dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih, kondisi medis efek samping pengobatan, atau stres. Alasan lain untuk enuresis nokturnal dapat dikaitkan dengan anatomi kandung kemih, termasuk kandung kemih yang terlalu aktif, atau lebih kecil dari biasanya.

ngompol malam pada dewasa
Mengompol malam pada dewasa merupakan masalah yang sangat mengganggu

Tak jarang kencing malam pada orang dewasa menyebabkan mengompol. Ini bisa terjadi karena saat tidur, kemudian ada perasaan tiba-tiba ingin kencing, pasien belum sempat ke kamar mandi dan akhirnya terjadilah ngompol.

Baca juga : penyebab mengompol pada wanita dewasa

Apa Penyebab Ngompol di Malam Hari bagi Orang Dewasa?

Sering kencing pada malam hari, atau dalam bahasa medis disebut nocturia, didefinisikan sebagai sering kencing pada malam hari, lebih dari 2 kali sudah termasuk kriteria nocturia ini. Tak jarang terjadi ngomopol atau buang air kecil yang tidak disengaja pada malam hari, ini disebut enuresis nokturnal. Kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak, tetapi orang dewasa juga tidak jarang bisa mengalaminya.

Ada dua jenis tipe enuresis noktrunal yakni primer dan sekunder. Enuresis primer mengacu pada mengompol sejak lahir.

Sementara enuresis sekunder adalah kondisi yang berkembang setelah manusia mengetahui cara mengontrol kandung kemih.

Ada berbagai alasan orang dewasa mungkin mengalami enuresis nokturnal, di antaranya adalah :

Faktor Genetika

Meskipun penyebab enuresis nokturnal ini tidak berlaku untuk semua orang dewasa, namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa enuresis nokturnal dapat diturunkan.

Ya, faktor genetik bisa mempengaruhi orang untuk mengompol meskipun para peneliti kesehatanpun masih belum tahu pasti genetik apa yang bisa menyebabkan orang mengalami kondisi ini.

Kandung Kemih Tidak Bisa Menampung

 Kapasitas kandung kemih yang lebih kecil bisa mengacu pada jumlah urin yang dapat ditampung oleh kandung kemih.

Terkadang, aktivitas otot kandung kemih yang berlebihan menjadikan otot ini tidak pernah sepenuhnya rileks selama fase pengisian, sehingga kapasitas kandung kemih tidak terlalu besar dan menyebabkan ngompol di malam hari di orang dewasa.

Kandung Kemih yang Terlalu Aktif

Kondisi kandung kemih orang dewasa yang terlalu aktif bisa menyebabkan ia mempunyai keinginan untuk buang air kecil terus menerus dan tidak bisa terkendali.

Bahkan, sekalipun kandung kemihnya mempunyai sedikit urin, ia tetap tidak bisa menahannya. Ya, kandung kemih yang terlalu aktif menjadi penyebab utama orang dewasa mengalami ngompol di malam hari.

Pengobatan Tertentu Membuat Ngompol di Malam Hari bagi Orang Dewasa

Obat untuk jantung, masalah tekanan darah atau penyakit mental dan kecemasan dapat mengubah cara kerja sistem kemih orang dewasa dan kadang-kadang mengurangi kendali atas kandung kemih.

 Jika Anda mengalami kondisi mengompol meskipun sudah dewasa, tidak perlu malu! Kondisi ini sangat penting untuk ditangani. Meskipun kondisi tersebut mungkin tidak berdampak serius pada kesehatan fisik, namun tentunya dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda.

Penting untuk mendiskusikan mengompol pada malam hari ini dengan dokter  untuk menentukan penyebabnya dan mencari nasihat tentang pilihan pengobatan terbaik.

Cara Mengatasi Mengompal pada Malam Hari Bagi Orang Dewasa

Ada beberapa cara untuk bisa mengatasi kondisi enuresis nokturnal yang dialami oleh orang dewasa. Jika Anda mengalami kondisi ini, beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah :

Cobalah untuk Melatih Kandung Kemih Anda

 Cara pertama untuk mengatasi enuresis nokturnal adalah dengan melatih otot kandung kemih Anda. Perawatan jenis ini membutuhkan saran dari dokter. 

Cobalah untuk membuat jadwal rutin ke kamar mandi dengan jarak waktu yang semakin lama untuk bisa memperlambat urin Anda keluar. Cara ini setidaknya bisa membantu otot kandung mengalami peregangan sehingga urin yang ditampung semakin banyak. Cara sederhana ini dapat mengurangi gejala mengompol di malam hari pada orang dewasa.

Teknik ini mencoba untuk meningkatkan kapasitas kandung kemih pada orang yang memiliki kandung kemih fungsional yang lebih kecil. Latihan ini mengharuskan Anda untuk minum banyak cairan sepanjang hari dan menahan buang air kecil selama mungkin untuk meningkatkan kapasitas fungsional kandung kemih.

Buat Jadwal Kencing

Buat jadwal wajib kencing sebelum tidur. Ya, Anda perlu mengosongkan kandung kemih sebelum tidur dan buatlah alarm tiga jam setelah tertidur untuk kencing.

Dengan membuat jadwal rutin kencing Anda setiap malamnya, maka orang dewasa bisa terhindar dari ngompol di malam hari.

Baca juga : mengatur jadwal kencing dengan catatan berkemih harian

Pasang Alarm

Pasanglah alarm untuk membangunkan Anda di jam-jam tertentu yang membuat Anda ingin kencing di malam hari. Dengan memasang alarm, maka Anda bisa terbangun dan kencing di tempat yang seharusnya, yakni kamar mandi. Ini mengurangi kemungkinan Anda ngompol di malam hari bagi dewasa.

Ya, dengan rutin memasang alarm, maka tubuh akhirnya mengkondisikan dirinya untuk bangun sebelum keinginan untuk buang air kecil menjadi terlalu kuat.

Memasang alarm secara acak setiap malam untuk bangun dan buang air kecil dapat membantu mencegah Anda mengompol. Hindari menyetel alarm pada waktu yang sama setiap malam jika akhirnya tubuh Anda terbiasa mengosongkan urin pada waktu yang telah ditentukan setiap malam.

Memantau Asupan Cairan

Langkah selanjutnya untuk mengatasi enuresis nokturnal adalah dengan membatasi asupan cairan di sore dan malam hari. Membatasi cairan yang Anda konsumsi bisa menyebabkan penurunan jumlah produksi urine di malam hari.

Kurangi Beberapa Jenis Minuman

Anda juga harus mengurangi atau bahkan menghindari asupan kafein, alkohol, soda dan minuman manis lainnya.

Beberapa jenis minuman tersebut memiliki kandungan yang bertindak sebagai diuretik dan meningkatkan kemungkinan terjadinya enuresis nokturnal.

Baca juga : Minuman yang tinggi kafein

Konsumsi Obat

Terakhir, Anda bisa mencoba untuk minum beberapa obat untuk mengatasi ngompol malam hari untuk orang dewasa. Pastikan bahwa obat yang Anda hendak minum ini diresepkan langsung oleh dokter karena hanya dokterlah yang tahu dosis dan jenis obat saja yang harus Anda konsumsi.

Beberapa obat yang biasanya efektif untuk mengatasi  ngmpol malam hari pada orang dewasa adalah cephalexin, amoxicillin atau fosfomycin jika memang penyebabnya adalah infeksi

Antikolinergik juga bisa digunakan untuk mengobati otot kandung kemih Anda yang dirasa terlalu aktif. Sementara bagi Anda yang mempunyai kadar hormon antidiuretik rendah, maka dokter biasanya akan menyarankan obat desmopresin asetat.

Baca juga : cara mengobati mengompol pada dewasa

Keluhan apapun yang Anda rasakan ketika melakukan pengobatan enuresis nokturnal, pastikan untuk selalu berkonsultasi pada dokter urologi. Jangan terlalu lama menunda konsultasi jika dirasa ada yang tidak beres dengan kondisi Anda pasca melakukan berbagai cara untuk mengatasi kondisi ini.

Sumber :