Ngompol atau keluar kencing saat batuk – Ngompol adalah keluarnya air kencing secara tidak sengaja dan tanpa disadari. Salah satu ngompol yang paling sering terjadi pada wanita adalah ngompol saat ketawa atau batuk.

Seringkali kelainan ini dianggap bagian dari proses penuaan, sehingga wanita tidak mencari bantuan dokter urologi atau tenaga profesional. Akan tetapi, dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat, terutama karena maraknya penggunaan internet.

ngompol saat batuk
Batuk atau tertawa kencang membuat kencing tak sadar keluar (ngompol)

Akhir-akhir ini banyak juga wanita yang akhirnya lebih sadar akan kelainannya dan mulai berani berkonsultasi dengan dokter.

Keluar kencing atau ngompol saat batuk bukanlah hal yang normal

Keluar kencing tanpa sadar atau ngompol yang terjadi saat batuk atau mengedan atau bahkan berpindah posisi bukanlah hal yang normal. Penyakit ini dinamakan ngompol tipe tekanan, atau dalam Bahasa Inggris disebut stress urinary incontinance.

Ini adalah salah satu tipe mengompol pada wanita. Untuk membaca jenis mengompol lain simak postingan ini : mengompol pada wanita dewasa

Terdapat derajat penyakit ini, mulai dari yang ringan hingga berat. Derajat ringan berupa kencing yang keluar saat kamu batuk, bersin, ketawa, atau aktifitas berat. Pada derajat yang lebih berat, kencing keluar secara tak sadar saat aktifitas yang lebih ringan seperti berjalan.

Jumlah urin yang keluar juga menentukan derajat beratnya penyakit. Urin yang keluar bisa hanya setetes saja, atau bisa dalam jumlah yang lebih banyak.

Mengompol akibat tekanan ini jauh lebih sering dijumpai pada laki-laki ketimbang perempuan. Bahkan, 1 dari 3 wanita akan mengalami kelainan ini sepanjang hidupnya. Semakin tua wanita, maka keluhan ini dijumpai semakin sering. Pada wanita usia di atas 65 tahun, 1 dari 2 wanita akan mengalami kelainan ini.

Penyebab ngompol / keluar kencing saat batuk bisa terjadi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, keluarnya kencing saat batuk bukanlah hal yang normal. Lalu, mengapa kejadian ini bisa terjadi?

Wanita memiliki otot dasar panggul yang berperan penting menjaga organ dalam wanita seperti kandung kemih, rahim, dan usus. Jika otot dasar panggul melemah, mengalami robekan, atau otot ini terlampau teregang maka mengompol dapat terjadi.

Otot dasar panggul
Otot dasar panggul menyangga organ rahim, kandung kemih dan usus. Otot dasar panggul menjadi pintu keluar uretra, vagina, dan anus

Baca juga : peran otot dasar panggul pada wanita

Penyebab kerusakan otot dasar panggul antara lain

  • Batuk yang berkepanjangan akibat penyakit paru menahun
  • Adanya riwayat operasi atau radiasi di daereah panggul
  • Riwayat merokok yang lama
  • Kegemukan bahkan obesitas
  • Hamil dan melahirkan secara vaginal (kelahiran normal)
  • Adanya kerusakan saraf di area panggul

Apa yang perlu diutarakan ke dokter urologi untuk membantu diagnosis penyakit ngompol saat batuk?

Anda harus yakin untuk segera mencari pertolongan jika mengalami kelainan ini. Jangan membiaran keadaan semakin memburuk karena kamu lambat mencari pertolongan.

Kamu boleh konsultasi ke dokter umum atau bidan terdekat dan mengutarakan keinginan untuk bertemu dokter urologi untuk mengobati masalah ini.

Biasanya, jika kamu bertemu dokter urologi, pertanyaan ini akan ditanyakan oleh dokter.

  • Seberapa sering gejala ini muncul
  • Obat-obatan apa yang sedang dikonsumsi
  • Adanya riwayat operasi dan penyakit lain yang diderita

Bahkan, jika dokter kamu tidak menanyakan serta merta kalainan ini, kamu bisa memancingnya dengan beberapa peryataan berikut

Saya takut untuk jauh-jauh dari kamar mandi Dok, karena saya gampang sekali ngompol terutama saat beraktifitas. Kira-kira apa Dokter bisa bantu saya?

Saya beberapa kali mengalami gangguan ngompol dok. Kira-kira apakah ini normal?

Akhir-akhir ini saya jadi tidak bisa olahraga berat karena selalu ngompol dan membuat celana saya basah. Apakah dokter bisa bantu saya?

Saya akhir-akhir ini mengindari hubungan sexual karena suami saya komplain saat hubungan sexual, kencing saya keluar dengan sendirinya. Bagaimana cara mengatasinya ya Dok?

Cerita pasien (anonymous)

Biasanya setelah dokter urologi mengetahui permasalahan Anda, setelah itu Anda disuruh membuat catatan berkemih harian. Catatan ini layakynya seperti diary, mencatata segala hal yang kamu minum, waktu-waktu kamu kencing. Bladder diary dibikin sebaiknya selama tiga hari.

Baca juga : tips dan cara membuat catatan berkemih harian / bladder diary

Pemeriksaan yang dokter lakukan untuk mengetahui penyakit ngompol

Setelah dilakukan wawancara medis, kamu akan diperiksa fisik oleh dokter urologi. Pemeriksaan fisik khususnya diarahkan ke area kelamin dan kandung kencing. Dokter biasanya memerlukan alat untuk melihat kondisi vagina pasien.

Selain itu, dokter akan mengecek otot panggul kamu, apakah lemah atau kuat. Selain itu, beberapa manuver akan diminta oleh dokter antara lain

  • Kamu disuruh batuk. Akan dilihat apakah ada urin yang keluar
  • Kamu disuruh mengencangkan otot panggul kamu sambil melihat apakah panggul kmau masih cukup kuat.
  • Tes mengompol. Kamu disuruh memakai pempers selama 1 jam dan disuruh berjalan-jalan di sekitar klinik. Lalu setelah 1 jam, pempers di timbang untuk melihat seberapa banyak urin yang keluar

Beberapa pemeriksaan lain yang lebih lanjut diperlukan jika memang dokter urologi merasa perlu, pemeriksaan itu antara lain

  • Cek urin untuk melihat apakah ada infeksi di urin
USG kandung kemih
Gambaran USG kandung kemih dengan penebalan dinding kandung kemih
  • Pemeriksaan USG untuk melihat kelainan di kandung kemih
  • Sistoskopi. Pemeriksaan ini memasukkan kamera kecil ke kandung kemih Anda untuk melihat secara langsung kelainan yang terjadi
  • Urodinamik merupakan pemeriksaan untuk melihat kekuatan kandung kemih dalam memompa kencing, dan seberapa kuat klep kandung kemih menahan tekanan dari perut.
pemeriksaan urodinamik untuk mengetahui diagnosis ngompol
Pemeriksaan urodinamik untuk mendiagnosis gangguan mengompol

Cara alami mengatasi ngompol saat batuk atau tertawa

Beberapa cara alami untuk mengatasi gangguan mengompol saat batu atau tertawa, antara lain adalah sebagai berikut

Memakai pempers

Ini adalah cara paling sederhana tetapi paling tidak efektif untuk menangani gangguan mengompol ini. Biasanya pempers digunakan untuk sementara sambil menunggu :

  • Jadwal tindakan operasi
  • Efek obat bekerja
  • Efek latihan kegel berhasil

Saat ini, pempers untuk orang dewasa sangat banyak dan datang dari berbagai merk. Konsultasikan ke dokter urologi pempers terbaik yang bisa menolong kamu mengatasi masalah mengompol ini

Latihan penguatan otot dasar panggul, biasanya disebut senam kegel

Latihan penguatan otot dasar panggul biasa disebut latihan senam kegel. Senam kegel ini dikerjakan dengan cara mengencangkan (mengontraksikan) otot dasar panggul kamu selama 10 detik dan merilexkannya kembali. Proses ini diulang 10 kali tiap sesi. Sebaiknya dilakukan paling tidak 3 kali sehari.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu perlu melakukan latihan ini tiap hari. Efeknya akan muncul setalah 6 minggu latihan. Jika kamu ragu apakah latihan kamu tepat atau tidak, kamu perlu konsultasi ke dokter urologi atau ahli fisioterapi

Senam kegel untuk menguatkan otot dasar panggul
Senam kegel berguna unutk menguatkan otot dasar panggul

Bacaan lanjutan : cara efektif senam kegel untuk obat mengompol

Hindari konstipasi atau sembelit

Konstipasi atau sembelit membuat mengompol semakin parah. Cegahlah konstipasi atau sembelit ini. Makan makanan yang tinggi serat untuk meningkatkan pergerakan usus. Selain itu, cegah sembelit dengan cara meminum air 6-8 gelas per hari serta olahraga rutin.

Mencegah kegemukan dan menjaga berat badan optimal

Menurunkan berat badan adalah cara yang efektif mengurangi keparahan mengompol. Konsultasikan ke dokter urologi untuk menentukan target penurunan berat badan untuk masalah mengompol Anda

Latihan kandung kemih (bladder training)

Mencatat catatan berkemih harian (bladder diary) adalah langkah awal latihan ini. Kamu harus mencatat (1) berapa banyak yang kamu minum; (2) catatan mengenai jam-jam kamu kencing; (3) kapan terjadi mengompol; (4) kapan waktu tersering muncul ngompol saat batuk.

Catatan ini membantu dokter urologi untuk melihat seberapa sering kamu kencing dan apakah latihan kandung kemih ini dapat membantu kamu. Dokter akan meminta kamu kencing pada jam yang sudah ditentukan, ada ataupun tak ada rasa ingin kencing.

Bacaan lanjutan penting : cara membuat bladder diary / catatan berkemih harian

Penting untuk konsultasi dulu ke dokter urologi untuk menentukan apakah ini bisa dikerjakan atau tidak, karena jika salah malah memperberat mengompol kamu.

Stop merokok

Rokok membuat batuk yang menahun. Jika kamu terus-terusan batuk maka kemungkinan kamu akan ngompol semakin tinggi. Dengan mengurangi atau menyetop merokok, diharapkan kesehatan secara umum meningkat. Selain itu, berkurangnya batuk akan membantu kamu untuk mengurangi gejala ngomopol.

Alat medis untuk mengatasi mengompol

Ada alat medis yang bisa membantu mengurangi gejala mengompol. Nama alat tersebut adalah pesarium. Pesarium ini dimasukkan ke dalam vagina. Dengan memasukkan alat bernama pesarium ini, alat ini akan menekan dinding vagina dan saluran kencing sehingga mencegah mengompol.

pesarium untuk ngompol
Memasukkan pesarium ke dalam vagina membantu untuk mengobati ngompol pada wanita

Alat ini biasanya dipake terus menerus. Jika alatnya berada di tempat yang tepat, maka kamu akan merasa tidak memaki alat apa-apa. Biasanya, dipakai saat siang hari dan dilepas pada malam hari.

Alat ini relatif aman, nyaman, dan tergolong murah dengan resiko infeksi yang sangat rendah. Anda perlu konsultasi ke dokter urologi untuk menentukan alat pesarium yang cocok dengan Anda.

Operasi untuk mengobati ngompol saat batuk

Jika berbagai macam cara di atas sudah Anda coba dan Anda masih juga mengompol, jalan satu-satunya adalah dengan operasi.

Tindakan operasi nya juga bermacam-macam tergantung berat ringannya penyakit Anda. Pilihan operasi nya antara lain

  • Peneropongan kandung kemih dan injeksi filler di sekitar tempat keluar kandung kemih.
  • Pemasangan gendongan di sekitar uretra (saluran kencing luar). Tindakan ini biasa disebut sling surgery. Operasi ini membantu menstabilkan posisi uretra. Gendongan ini berguna agar saat kamu batuk, posisi saluran kemih tetap stabil dan tidak keluar mengompol
  • Penggantungan leher kandung kemih. Operasi ini menggantung leher kandung kemih ke tempat yang lebih stabil agar tak terjadi mengompol saat batuk

Bacaan lanjutan : ngompol pada wanita dewasa: bagaimana cara mengobatinya?

Penutup

Ngompol saat batuk ini sudah menjadi masalah kesehatan serius di kalangan wanita. Akan tetapi, wanita malah banyak membiarkannya dan malah menerima bahwa ini bagian dari perjalanan hidup mereka. Kelainan ini selain mengganggu juga menurunkan kualitas kesehatan secara keseluruhan

Konsultasikan ke dokter urologi terdekat Anda jika menemui masalah ngompol seperti ini

Salam sehat

Daftar Pusataka