Usia anak-anak biasanya dipenuhi dengan keceriaan dan kebahagiaan, khususnya bagi orang tua karena melihat tumbuh kembang anaknya. Namun, pada masa ini juga banyak pengalaman yang luar biasa seperti kebiasaan ngompol. Adakah obat ngompol anak herbal di apotik yang manjur?

Obat herbal untuk mengobati anak ngompol

Rekomendasi Obat Herbal Untuk Mengatasi Ngompol Anak

Produk-produk obat ngompol anak herbal di apotik bisa dengan mudah Anda beli tanpa memerlukan resep dokter. Beberapa rekomendasi untuk Anda antara lain:

  1. Urinofit Rp 70.000,-
  2. Top Pol Rp 22.000 hingga Rp 30.000
  3. Minyak Herba Sinergi Rp 28.000
  4. Depol Rp 150.000,-
  5. Beepol Rp 150.000,-

Rekomendasi obat ngompol herbal anak di apotik di atas bisa Anda beli langsung atau melalui e-commerce terpercaya. Selain jenis-jenis obatan tersebut, Anda bisa meracik obat herbal sendiri mulai dari:

Madu

Obat ngompol anak herbal di apotik memang sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Namun, sebenarnya Anda bisa mengatasi kebiasaan ngompol ini dengan memakai bahan alami seperti madu.

Khasiat madu untuk kesehatan sangatlah banyak dan bisa dikonsumsi oleh segala usia. Untuk penanganan masalah ngompol, ambil 1 sendok teh madu dan campurkan pada segelas susu yang diminum menjelang waktu tidur.

Wijen + seledri

Campuran wijen dan seledri bisa menjadi opsi selanjutnya sebagai obat herbal anti ngompol. Anda harus memakai wijen hitam dan bubuk seledri yang dicampurkan pada makanan atau minuman kesukaan anak.

Kismis dan kenari

Makanan enak lainnya yang bisa menjadi obat mujarab untuk anak yang masih suka ngompol adalah kismis dan kenari. Kedua jenis makanan ini sangat menyehatkan tubuh, khususnya untuk area kandung kemih.

Pisang

Pisang merupakan jenis buah-buahan yang memiliki tekstur lembut dan kaya akan vitamin, magnesium dan kalium. Selain dapat memperlancar sistem pencernaan, pisang dapat mengurangi kebiasaan ngompol pada anak. Berikan 3 buah pisang dalam sehari sekali.

Kayu manis

Rempah-rempah yang manjur untuk mengatasi ngompol adalah kayu manis. Semua zat yang terkandung di dalamnya mampu mengontrol produksi buang air kecil, sehingga kandung kemih tidak cepat penuh.

Jika Anda menggunakan kayu manis yang utuh, maka cukup menyeduhnya dengan air panas dan tambahkan gula sebagai pemanis agar anak suka meminumnya. Sedangkan jika menggunakan kayu manis yang bubuk, Anda bisa mencampurkannya pada susu.

Gooseberry India

Gooseberry India atau yang lebih dikenal dengan Amla juga bisa Anda gunakan sebagai obat alami mengatasi ngompol pada anak. Haluskan buah ini hingga lembut dan menjadi bubur, selanjutnya tambahkan madu sebagai pemanis dan sedikit bubuk kunyit.

Berikan ramuan ini secara rutin setiap hari selama proses penyembuhan. Sangat disarankan untuk diberikan ketika pagi hari saat perut masih kosong. Opsi lainnya bisa juga diberikan saat malam hari ketika akan tidur.

Minyak zaitun

Khasiat dari minyak zaitun tidak hanya bermaanfaat bagi kesehatan kulit saja, tetapi juga bisa untuk menyembuhkan kebiasaan ngompol. Caranya adalah memanaskan minyak beberapa saat dan dioleskan di bagian bawah perut.

Jus Cranberry

Anak-anak pasti menyukai minuman yang manis bukan? Kandungan zat dan vitamin buah ini bisa menyembuhkan infeksi saluran kemih. Konsumsilah setiap malam sebelum tidur.

Teh herbal

Minum teh juga dianjurkan untuk anak-anak karena memberikan banyak manfaat, termasuk mengatasi ngompol. Teh yang digunakan bukan semabarang teh, tetapi berasal dari daun ekor kuda dan buah bearberry.

Sari cuka apel

Rasa asam dari sari cuka ampuh ternyata membawa banyak manfaat. Salah satunya menghambat dorongan cairan ke kandung kemih, sehingga rasa ingin kencing menjadi tertunda. Berikan setiap satu sendok sehari sekali pada anak Anda.

Jaggery

Mendengar kata Jaggery, apa yang Anda pikirkan? Masih terdengar asing bukan? Bahan ini merupakan pemanis alami yang cocok untuk anak-anak dan bisa mencegah dorongaan air kencing ke kandung kemih.

Bahan ini juga memberikan efek hangat atau panas ke dalam tubuh, sehingga saat diminum sebelum beranjak tidur, maka anak Anda tidak merasakan ingin buang air kecil. Anda cukup mencapurkan 1 potong jaggery ke dalam minuman kesukaan anak.

Bubuk Mustard

Jika ingin menghentikan anak yang suka ngompol,  Anda bisa menggunakan bubuk mustard. Cara mudahnya yaakni campur setengah sendok teh mustard bubuk dengaan susu hangat. Ramuan ini sebaiknya diberikan 1x sehari saja.
 

Cara Mengatasi Ngompol Pada Anak

Pada dasarnya masalah ngompol di usia anak-anak sangatlah wajar. Apalagi jika masih di kisaran usia 0 bulan hingga 5 tahun. Bahkan, anak usia SD pun masih terbilang wajar sebab berdasarkan penelitian yang ada, terdapat 15% – 20% anak SD yang masih mengompol.

Namun, kebiasan ini perlu dihentikan jika anak Anda sudah masuk usia sekolah. Tentunya untuk menatasi hal ini berbeda dengan cara mengatasi ngompol pada orang dewasa. Anda bisa menerapkan beberapa cara agar si anak dapat terbiasa untuk tidak mengompol, di antaranya adalah:

Urotherapy

Cara yang ampuh yang bisa mengatasi ngompol pada anak adalah berkunjung ke dokter bidang urologi. Biasanya dokter akan menyarankan terapi berupa peemberian air putih yang cukup antara 5 hingga 6 gelas per harinya.

Selain itu, sebaiknya hindarkan konsumsi kafein dan susu. Usahakn jangan terlalu banyak minum di waktu sore atau menjelang tidur malam. Hindarkan pula dari obat sembelit. Bentuk kloset yang digunakan juga bisa menjadi pengaruh.

Jika menggunakan kloset duduk, usahakan Anda menempatkan bantalan kaki, sehingga anak merasa lebih nyaman dan mudah saat buang air kecil. Biasakan anak untuk mandi dan istirahat teratur serta upayakan jangan menyuruh anak menunda rasa ingin buang air.

Latihan Menggunakan Alarm

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah adalah latihan pasaang alarm. Cara ini bertujuan agar anak dapat menahan buang air kecil dan akan otomatis terbangun saat kandung kemih terasa penuh. Ada 2 cara yang bisa diterapkan yakni:

  • Memasang alarm yang terhubung langsung dengan kain perlak
  • Pemasangan alarm yang terhubung dengan popok anak

Kedua cara ini merupakan cara instan yang akan memberikan sensor khusus ketika popok/perlak terkena sedikit cairan urine. Alarm akan langsung menyala dan anak menjadi terbangun. Usaha ini perlu dilakukan dengan sabar antara 2 minggu hingga 4 bulan.

Terapi Sederhana

Terapi perlu dilakukan saat anak terus mengompol dan melebihi batas waktu wajar. Cara paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah membawa anak ke toilet sebelum tidur. Lakukan terapi ini sedini mungkin, bahkan di usia bayi.

Secara tidak langsung cara ini membuat anak terbiasa dengan aktivitas kencing sebelum tidur. Cara sederhana lainnya adalah memberikan hadiah kecil jika anak Anda berhasil tidak mengompol sembarangan.

Konsumsi Obat

Cara terakhir yang cukup ampuh untuk mengatasi ngompol pada anak adalah menggunaka obat. Namun, pemakaiannya hanya untuk jangka pendek saja. Jenis obatnya berupa desmopresin, yakni sejenis hormon sintetis yang bekerja mengurangi produkai urine.

Obat khusus ini tersedia dalam bentuk kapsul, tablet dan sirup. Efektivitas kinerjanya mencapai 70%. Pilihan lainnya yang bisa Anda gunakan adalah imipramine. Obat ini berfokus untuk penanganan enurosis nocturnal atau tidak dapat menahan buang air di malam hari.

Baca Juga: Obstruksi Saluran Kemih

Mengatasi kebiasaan ngompol malam hari pada anak (nocturnal enuresis) bisa diatasi dengan obat-obatan herbal. Selain obat ngompol anak herbal di apotik, Anda bisa meraciknya sendiri menggunakan bahan alami. Selain itu, lakukan beberapa terapi secara konsisten dan penuh kesabaran.Obat Ngompol Anak Herbal di Apotik