Mikropenis, penis pendek – Pernahkah kamu merasa penis kamu sangat pendek dan kecil dibandingkan laki-laki di sekitar kamu? Atau ada rasa minder mengapa Mr P sangat pendek dan menjadi sulit untuk melakukan hubungan sexual?

mikropenis atau penis pendek
Ilustrasi penis yang pendek atau mikropenis

Salah satu kondisi Mr P yang mengecil dan ukurannya sangat pendek dinamakan mikropenis. Untuk mengetahui lebih lanjut informasi mengenai mikropenis ini, Anda dapat membaca postingan di bawah ini. Postingan di buat langsung oleh dr. Andika Afriansyah, SpU, dokter spesialis urologi. Dr Andika Afriansyah tergabung di member dari International Society of Sexual Medicine (ISSM) dengan nomor ID ISSM.M.30933.

Mengenal mikropenis, ukuran kelamin pria dibawah rata-rata

Mikropenis merupakan kondisi ketika penis seseorang lebih pendek dari ukuran normal, yaitu ukuran penis ketika memanjang / ereksi / ditarik (stretched penile length/SPL) kurang dari 2,5 standar deviasi dari ukuran penis rata-rata pada usia yang sama.

mikropenis penis pendek
Cara mengukur panjang penis yang akurat adalah dengan menarik penis semaksimal mungkin, di ukur dari pangkal (tulang pubis) ke ujung kepala penis

Penelitian memperkirakan panjang penis rata-rata pria dewasa adalah 13,24 cm. Seseorang dapat dikatakan mikropenis apabila memiliki panjang penis kurang dari 9,3 cm.

Kondisi mikropenis umumnya didiagnosis ketika lahir. Pada mikropenis tanpa kelainan lainnya, penis memiliki tampilan, struktur, dan fungsi yang normal. Kondisi mikropenis umumnya tidak mengganggu kemampuan untuk berkemih dan ereksi serta memiliki testis dan alat kelamin bagian dalam yang normal.

Kondisi mikropenis nampaknya cukup jarang terjadi. Di dunia, diperkirakan hanya 0,6% laki-laki memiliki kondisi tersebut. Di Amerika Serikat, mikropenis bahkan hanya ditemukan pada 1,5 dari 10 ribu atau 0,015 persen pada bayi yang baru lahir antara tahun 1997 dan 2000.

Ukuran kelamin pria berdasarkan usia, termasuk mikropenis/ penis pendek kah?

Berbicara tentang ukuran kelamin pria, tentu kita harus merujuk pada sumber terpercaya. Hal ini karena ini menjadi isu yang sangat sensitif. Dan terdapat perbedaan ukuran penis antara laki-laki.

Ukuran penis sangat dipengaruhi oleh suku, dan asal RAS seseorang. Secara umum, penis orang Asia jauh lebih pendek ketimbang penis orang Eropa dan Afrika. Ini memang sudah kodrat dan juga menyesuaikan dengan kedalaman vagina wanita di RAS tersebut.

ukuran penis berdasarkan negara
Ukuran penis dipengaruhi oleh suku dan asal negara. Penis terbesar ada di benua Afrika dan terkecil di negara-negara Asia

Panjang ukuran kelamin pria berdasarkan usia adalah sebagai berikut

  • Bayi baru lahir : panjang rata-rata 3,9 cm; dibawah ukuran 1,5 cm dikatakan mikropenis
  • 0 – 1 tahun : panjang rata-rata 4,3 cm; dibawah ukuran 2,3 cm dikatakan mikropenis
  • 1 – 2 tahun : panjang rata-rata 4,7 cm; dibawah ukuran 2,6 cm dikatakan kelainan
  • 2 – 3 tahun : panjang rata-rata 5,1 cm; dibawah ukuran 2,9 cm dikatakan kelainan
  • 3 – 4 tahun : panjang rata-rata 5,5 cm; dibawah ukuran 3,3 cm dikatakan kelainan
  • 4 – 5 tahun : panjang rata-rata 4,3 cm; dibawah ukuran 2,3 cm dikatakan mikropenis
  • 5 – 6 tahun : panjang rata-rata 4,7 cm; dibawah ukuran 2,6 cm dikatakan kelainan
  • 6 – 7 tahun : panjang rata-rata 5,1 cm; dibawah ukuran 2,9 cm dikatakan kelainan
  • 7 – 8 tahun : panjang rata-rata 6,2 cm; dibawah ukuran 3,7 cm dikatakan kelainan
  • 8 – 9 tahun : panjang rata-rata 6,3 cm; dibawah ukuran 3,8 cm dikatakan mikropenis
  • 9 – 10 tahun : panjang rata-rata 6,3 cm; dibawah ukuran 3,8 cm dikatakan kelainan
  • 10 – 11 tahun : panjang rata-rata 6,4 cm; dibawah ukuran 3,7 cm dikatakan kelainan
  • Pria dewasa : panjang rata-rata 13,3 cm; dibawah ukuran 9,3 cm dikatakan kelainan

Dikatakan mikropenis atau penis pendek jika sudah di bawah ukuran -2SD dari penjelasan di atas.

Penyebab alat vital tidak berkembang (mikropenis – penis pendek)

Pembentukan dan pertumbuhan alat kelamin laki-laki sebelum lahir merupakan respons dari berbagai hormon. Mikropenis dapat terjadi akibat kurangnya produksi hormon atau tubuh tidak dapat merespons hormon dengan normal.

Mikropenis dapat disebabkan karena janin kekurangan hormon testosteron, baik produksi testosteron janin atau hormon human chorionic gonadotropin  (hCG) ibu yang kurang mencukupi. Hormon hCG salah satunya berfungsi untuk menstimulasi pembentukan hormon testosteron pada janin.

Sedikitnya hormon testosteron juga dapat disebabkan oleh gangguan pada kelenjar hipofisis atau hipotalamus yang juga memengaruhi produksi hormon testosteron. Apabila produksi hormon testosteron cukup, mikropenis dapat disebabkan oleh permasalahan respons tubuh terhadap hormon testosteron atau yang dikenal dengan insensitivitas androgen.

Sampai tiga bulan setelah kelahiran, bayi laki-laki menghasilkan testosteron dengan kadar tinggi yang krusial untuk pertumbuhan penis. Ketika proses ini terganggu, mikropenis dapat terjadi.

Kondisi mikropenis dapat timbul sendiri atau bersamaan dengan penyakit lain yang juga terkait hormon.

Penyakit-penyakit yang berkaitan dengan mikropenis, antara lain hipogonadotropik hipogonadisme, sindrom Prader-Willi, sindrom Kallmann, defisiensi hormon pertumbuhan, kelainan pada kromosom, dan sindrom Laurence-Moon.

Selain itu, pada beberapa kondisi, dokter tidak dapat menentukan penyebab dari mikropenis atau idiopatik. Risiko mikropenis meningkat pada riwayat keluarga dengan mikropenis atau pajanan zat-zat kimia berbahaya seperti pestisida pada ibu hamil.

Baca juga : hipospadia, lubang kencing tak di ujung penis

Tanda dan gejala mikropenis, (Mr P mengecil)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, laki-laki dengan mikropenis memiliki panjang penis yang lebih pendek dari rata-rata laki-laki dengan usia yang sama.

Pada bayi atau anak-anak, kondisi mikropenis ditandai dengan panjang penis kurang dari 1,9 cm sedangkan pada dewasa ditandai dengan panjang penis kurang dari 9,3 cm.

Anak dengan mikropenis dapat tidak mengalami gejala, namun dapat juga disertai gejala apabila terkait dengan kelainan hormonal dan genetik lainnya.

Diagnosis mikropenis / penis pendek: kapan harus ke dokter?

Diagnosis mikropenis umumnya dilakukan ketika bayi baru lahir, di mana secara terlihat penis anak pendek sekali. Akan tetapi, banyak orang dengan ukuran penis normal yang khawatir dan merasa ukuran penis mereka lebih kecil dari rata-rata.

Apabila Anda merasa khawatir dengan ukuran penis Anda pendek atau anak Anda, segera kunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan diagnosis yang tepat mengenai mikropenis ini. Untuk anak-anak, Anda dapat mengunjungi dokter urologi anak atau dokter anak dengan subspesialis endokrin, sedangkan pada dewasa, Anda dapat mengunjungi spesialis urologi.

Untuk mendiagnosis mikropenis, pertama-tama dokter akan menanyakan tanda dan gejala yang dialami, riwayat kesehatan, dan riwayat keluarga. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik, terutama untuk mengukur panjang penis dan  mengamati tanda-tanda lainnya, seperti keberadaan lemak yang tidak normal.

Selanjutnya, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan darah untuk memeriksa gangguan hormon dan pemeriksaan radiologi seperti ultrasonografi dan MRI untuk melihat struktur alat kelamin dan daerah-daerah sekitarnya.

Pengaruh perut buncit pada alat vital

Penis yang terlihat kecil tak selalu mikropenis. Terdapat kondisi-kondisi lainnya yang membuat penis berukuran normal tampak kecil, di antaranya:

Penis ‘terkubur’ (penis mendelep)

Penis terkubur atau buried penis merupakan kondisi penis normal, namun tertutup lipatan kulit perut, paha, maupun skrotum sehingga terlihat lebih kecil. Kondisi ini umum ditemukan pada bayi, namun dapat muncul ketika dewasa.

burried penis atau penis mendelep
Pada penis mendelep, ukuran penis panjang tapi tertanam di lemak

Penis ‘terkubur; dapat terjadi karena kelainan ataupun karena obesitas sehingga lemak menumpuk pada perut dan area sekitar kelamin. Kondisi penis ‘terkubur’ juga terjadi pada laki-laki yang menua. Proses penuaan menyebabkan otot-otot pada dasar panggul melemah.

Pelemahan ini dapat mengganggu aliran darah sehingga menyebabkan gangguan fungsi ereksi dan dapat membuat penis terlihat menyusut atau terkubur pada sebagian laki-laki.

Penis berselaput

Webbed penis atau penis berselaput ditandai dengan adanya kulit skrotum yang berlebih dan menyambungkan atau menempel pada sebagian batang penis. Hal ini menyebabkan hanya ujung dan sebagian sisa batang penis yang terlihat sehingga penis terkesan lebih kecil.

Penis berselaput dapat terjadi akibat kelainan bawaan maupun komplikasi dari tindakan sunat atau sirkumsisi. Untuk mengatasi penis berselaput, dapat dilakukan bedah plastik, namun umumnya dilakukan ketika anak telah remaja atau dewasa.

Penis terjebak

Kondisi lainnya yang sering disalah artikan sebagai mikropenis adalah penis terjebak atau trapped penis. Pada penis terjebak, tidak terdapat kulit yang cukup di sekitar penis.

Biasanya penis terjebak adalah komplikasi tindakan sunat yang tak benar (contoh sunat dengan menggunakan besi panas)

Cara memperbesar alat vital dan mengobati mikropenis (penis pendek)

Terapi pada mikropenis bertujuan untuk memperbesar ukuran penis dan memastikan penis berfungsi dengan baik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan meningkatkan kepuasan dalam berhubungan seksual.

Terapi pada usia yang lebih dini akan memberikan hasil yang lebih baik. Diskusikan pilihan terapi dengan spesialis endokrin, urologi, dan bedah. Pilihan terapi akan dibuat berdasarkan usia, riwayat kesehatan, dan kondisi mikropenis. Terapi yang umum dilakukan untuk mengatasi mikropenis, yaitu:

Terapi hormon

Terapi hormon diharapkan dapat membantu pertumbuhan penis. Hormon yang digunakan dalam terapi ini adalah testosteron. Terapi dapat dilakukan melalui suntikan (injeksi) atau menggunakan gel atau krim yang dioleskan pada penis.

Terapi testosteron dikatakan berhasil apabila terjadi pertambahan panjang penis 100% atau respons yang cukup, yaitu panjang bertambah sebanyak 3,5 cm. Hormon lainnya dapat digunakan apabila terapi testosteron tidak berhasil.

Terapi hormon dapat dimulai dan lebih efektif ketika dilakukan pada masa anak-anak. Setelah remaja dan dewasa, efektivitas dari terapi hormon berkurang.

Phalloplasty

Phalloplasty merupakan tindakan bedah untuk mengatasi mikropenis yang dilakukan dengan merekontruksi penis. Tindakan ini umumnya dilakukan apabila terapi hormon tidak berhasil dan lebih banyak dilakukan pada remaja atau dewasa, namun tidak menutup kemungkinan dilakukan pada anak-anak.

Tindakan phalloplasty memiliki banyak risiko dan komplikasi, bahkan beberapa berpendapat risiko lebih besar dari manfaat yang didapat. Risiko tindakan phalloplasty, antara lain gangguan saluran kemih, gangguan fungsi ereksi, hingga membutuhkan prosedur lanjutan. Meskipun demikian, dengan dokter bedah yang berpengalaman, fungsi kemih dan seksual normal pada penis yang telah dilakukan phalloplasty mungkin didapatkan.

Menerima tubuh Anda

Lingkungan sosial dan media sering mengaitkan ukuran penis dengan kejantanan seorang pria. Nyatanya, dalam hubungan, kondisi mikropenis dapat diatasi dengan penyesuaian yang baik dan sikap yang sehat dari pasangan tersebut.

Penerimaan tubuh dapat dimulai dengan konseling pada usia dini. Hal ini dapat membantu anak laki-laki untuk mengatasi mikropenis ketika dewasa, mempersiapkan cara untuk menghadapi teman dan pasangan, serta meningkatkan kualitas hidup.

Biaya terapi hormon testosteron pada anak

Mikropenis yang disebabkan oleh defisiensi hormon memberikan respons yang baik terhadap terapi testosteron, terutama jika dilakukan sedini mungkin. Namun, pada mikropenis yang disebabkan oleh kelainan lainnya, terutama insensitivitas androgen, hasilnya seringkali kurang baik dan ukuran penis tetap kecil.

Pria dengan mikropenis memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit sehingga dapat mengganggu kesuburan. Mikropenis tidak mengganggu proses berkemih, masturbasi, dan orgasme pada laki-laki, walaupun beberapa mengalami kesulitan berkemih dengan berdiri. Salah satu penyebab terganggunya fungsi seksual pada mikropenis adalah kecemasan.

Biaya untuk terapi suntik testosteron untuk pemanjangan penis anak berkisar antara Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000. Biaya ini belum termasuk jasa konsultasi dokter dan pemeriksaan hormonal. Anda perlu menyiapkan dana lebih untuk konsultasi dan pemeriksaan panel hormon tersebut

Daftar Referensi