Diabetes pada anak memiliki gejala yang cukup umum seperti sering merasa haus, makan banyak namun berat badan menurun dan sering buang air kecil. Ketika gejala tersebut timbul, artinya hormon ADH dalam tubuh anak tidak bekerja dengan baik sehingga memicu penyakit diabetes.

Ketika anak menderita diabetes, tubuhnya akan kesulitan untuk menghasilkan hormon insulin sehingga glukosa tidak bisa diubah menjadi energi. Kondisi ini memicu terjadinya penumpukan gula darah yang dapat berdampak buruk bagi tubuh anak.

diabetes pada anak
Salah satu penyakit yang membuat gangguan pada kencing adalah diabetes pada anak

Penyebab Diabetes Pada Anak

Terdapat beberapa faktor penyebab diabetes pada anak yang terbagi sesuai dengan jenis diabetes. Setiap tipe akan membutuhkan cara penanganan yang berbeda.

Untuk itu kenali dahulu penyebabnya sebelum menentukan cara pengobatannya, agar sesuai. Simak uraiannya sebagai berikut.

Diabetes Tipe 1

Ini merupakan jenis diabetes yang paling sering terjadi pada anak kecil hingga remaja. Gangguan kesehatan ini terjadi akibat adanya kelainan autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menyerang pankreas sehingga tidak dapat bekerja dengan baik.

Kondisi ini membuat tubuh kesulitan untuk menghasilkan hormon insulin sehingga menyebabkan kadar gula darah meningkat dan merusak jaringan tubuh.

Infeksi virus dan penerapan pola makan yang kurang sehat juga bisa menjadi penyebab gangguan kesehatan ini.

Diabetes Tipe 2

Penyebab diabetes tipe 2 adalah ketika tubuh anak mengalami kesulitan untuk menggunakan hormon insulin. Sehingga gula darah dalam tubuh tidak diubah menjadi energi.

Pada beberapa kondisi, gangguan kesehatan ini juga bisa terjadi akibat kurangnya produksi hormon insulin di dalam tubuh sehingga kadar gula lebih cepat meningkat.

Faktor keturunan, kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi gula, berat badan yang berlebihan dan kurang aktif bergerak juga bisa menjadi beberapa penyebab anak terkena diabetes.

Gejala Anak Diabetes

Penyakit diabetes pada anak remaja memang terdiri dari 2 tipe, namun seringkali gejala yang ditunjukkan sulit dibedakan dan terlihat hampir sama. Untuk itu Anda perlu memahami apa saja gejala umum penderita diabetes agar dapat segera mengatasinya dengan baik. Berikut informasinya.

  • Mengalami penurunan berat badan
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Sering merasa haus dan buang air kecil
  • Terlihat mudah lesu dan lelah
  • Menangis terus menerus dan lebih rewel dari biasanya
  • Muncul luka yang sulit sembuh
  • Nafas berbau tidak sedap.
  • Muncul ruam pada bagian tubuh
  • Mengalami perubahan warna kulit menjadi lebih gelap pada beberapa bagian tubuh
  • Nafsu makan bertambah

Cara Pengobatan

Kebanyakan orang tua tentu merasa khawatir ketika anak terkena diabetes dan sering bertanya apakah bisa sembuh?. Penyakit diabetes bisa sembuh jika mendapatkan pengobatan yang tepat sejak dini.

Pengobatan yang dilakukan harus sesuai dengan jenis diabetes yang diderita oleh anak. Untuk biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, tes autoantibodi dan tes gula darah untuk dapat menentukan pengobatan yang sesuai.

Ketika anak menderita diabetes tipe 1 pemberian terapi insulin adalah pilihan terbaik untuk dapat mengendalikan gula darah. Sedangkan jika anak menderita diabetes tipe 2, maka akan diberikan obat antidiabetes serta terapi insulin.

Selain itu biasanya dokter akan menganjurkan orang tua untuk mengatur pola makan serta mengajak anak untuk rutin berolahraga.

Selain diabetes terdapat beberapa gangguan lain seperti ngompol malam hari pada anak (nokturnal enuresis), infeksi hingga obstructive sleep apnea yang dapat menyerang anak muda. Untuk itu orang tua harus peka terhadap perubahan atau gejala gangguan kesehatan yang terjadi pada anak.

Diabetes pada anak harus segera diatasi dengan tepat agar tidak menimbulkan berbagai komplikasi penyakit yang berbahaya. Untuk itu pastikan untuk memeriksa kondisi anak ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang sesuai.