Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, sekarang ini telah ditemukan berbagai cara untuk mengobati batu ginjal. Mulai dari perawatan medis yang serba canggih dan modern, hingga pengobatan alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Mengobati Batu Ginjal

Meskipun sekarang ini telah banyak metode untuk menyembuhkan penyakit ginjal, pengobatan batu ginjal secara alami masih menjadi favorit banyak orang. Hal ini karena pengobatan batu ginjal secara alami dinilai merupakan cara paling aman untuk dilakukan.

Mengobati Batu Ginjal Alami

Cara untuk mengobati penyakit batu ginjal secara alami sebenarnya cukup mudah dan juga tidak membutuhkan biaya banyak. Sebab, pengobatan ini memanfaatkan bahan-bahan alami yang biasa dijumpai di sekitar Anda. Nah, adapun cara untuk mengobati penyakit batu ginjal adalah sebagai berikut:

Perbanyak Minum Air

Saat Anda ingin menghancurkan batu ginjal yang ada pada tubuh, maka Anda perlu menambah konsumsi air putih. Minumlah air putih lebih banyak dibandingkan dengan biasanya. Jika umumnya manusia memerlukan setidaknya 8 gelas air putih, maka Anda harus minum setidaknya 12 gelas sehari. Selain untuk mempercepat penghancuran batu ginjal dalam tubuh, konsumsi air yang banyak bisa mencegah Anda dari dehidrasi.

Perlu Anda ketahui, dehidrasi bisa membuat Anda terkena batu ginjal lagi. Karena itulah, Anda harus menjaga tubuh dari dehidrasi. Untuk mengetahui apakah Anda dehidrasi atau tidak, Anda bisa memperhatikan warna urine. Jika urin berwarna kuning gelap, maka itu tandanya tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi.

Konsumsi Jus Buah Delima

Tidak hanya enak dan menyegarkan, jus buah delima ternyata memiliki banyak manfaat bagi orang yang rajin meminumnya. Salah satu manfaat dari jus buah delima adalah bisa mencegah dan mengurangi batu ginjal yang ada di dalam tubuh.

Hal ini bisa terjadi karena jus delima mempunyai kandungan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan ginjal. Antioksidan pada jus buah delima juga dapat mengurangi stres oksidatif alias kondisi dimana jumlah radikal bebas yang ada pada tubuh melebihi kapasitas yang bisa dinetralkan oleh tubuh itu sendiri.

Jumlah radikal bebas yang banyak pada tubuh, jika tidak segera ditangani akan berpotensi untuk memperburuk kondisi penyakit ginjal. Karena itulah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, Anda bisa mulai rutin meminum jus buah delima.

Konsumsi Lemon

Air lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, lemon juga memiliki kandungan sitrat yang bisa mencegah terbentuknya penyakit batu ginjal. Sitrat juga bisa memecahkan batu ginjal yang telah terbentuk di dalam tubuh. Sehingga batu ginjal tersebut akan keluar bersama urine dengan mudah.

Umumnya, cara meminum sari lemon adalah mencampurkannya dengan air. Hal ini karena sari lemon memiliki rasa asam, sehingga banyak orang yang tidak mampu meminumnya tanpa dicampurkan dengan air. Agar efek dari sari lemon bisa segera dirasakan, maka Anda perlu meminum sari lemon secara rutin.

Konsumsi Cuka Apel

Pada cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang mampu melarutkan batu ginjal. Tidak hanya itu, cuka apel juga dapat meringankan sakit dan nyeri yang ditimbulkan oleh batu ginjal. Karena itulah, bagi penderita batu ginjal sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi cuka apel.

Cara untuk mengonsumsi cuka apel yang dianjurkan adalah dengan cara mencampurkan 2 sendok makan cuka sari apel dengan air seperempat gelas. Namun ada satu hal yang perlu Anda ingat ketika mengonsumsi cuka apel. Konsumsilah dalam jumlah sewajarnya dan jangan berlebihan. Hal ini karena cuka apel bisa menyebabkan kadar kalium pada tubuh menjadi rendah. Akibatnya, Anda akan lebih mungkin untuk terkena osteoporosis lebih cepat dibandingkan seharusnya.

Konsumsi Daun Basil

Sama seperti cuka apel, daun basil juga memiliki kandungan asam asetat yang cukup tinggi, sehingga akan membantu proses pemecahan batu ginjal menjadi lebih cepat. Selain itu, daun basil juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itulah, telah sejak lama daun basil sudah digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi peradangan dan gangguan pencernaan.

Kandungan lainnya dalam daun basil yang juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan ginjal adalah antioksidan dan agen antiinflamasi. Untuk cara mengonsumsi daun basil yang paling populer adalah dengan menyeduhnya dengan teh. Alternatif lainnya adalah menambahkannya ke dalam smoothie yang Anda buat.

Konsumsi Kemangi

Daun kemangi tidak hanya mempunyai kandungan asetat, tetapi juga memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang baik. Karena itulah, rutin mengonsumsi daun kemangi akan menghindarkan Anda dari penyakit ginjal. Nah, untuk penderita batu ginjal, konsumsi daun kemangi akan membantu proses pemulihan dari penyakit tersebut.

Daun kemangi dapat Anda jadikan lalapan atau pun campuran jus. Cara mana pun tidak masalah, yang paling penting dikonsumsi rutin. Namun, usahakan daun kemangi yang dikonsumsi adalah yang masih dalam kondisi segar dan baru dipetik dari pohonnya.

Konsumsi Akar Dandelion

Akar dandelion merupakan salah satu bahan alami yang mampu merangsang produksi empedu. Jumlah cairan empedu yang baik dalam tubuh dapat menghilangkan limbah, memperbaiki pencernaan, serta memproduksi lebih banyak urine.  Tidak hanya itu saja, akar dandelion juga memiliki berbagai nutrisi seperti vitamin A, B, C, D, zat besi, kalium dan seng.

Tidak mengherankan jika akar dandelion cukup efektif untuk mencegah pembentukan batu ginjal di dalam tubuh. Umumnya, karena rasanya yang terlalu pahit jika diminum langsung, maka dandelion akan diminum dengan campuran lainnya seperti jahe, teh, dan lain sebagainya.

Tetapi sayangnya, tidak semua orang tawar dan bisa mengonsumsi akar dandelion. Hal ini karena, ada sebagian orang yang bisa mengalami heartburn ketika mengonsumsi akar dandelion. Karena itulah, ketika Anda hendak mengonsumsi akar dandelion, ada baiknya mengonsultasikannya kepada dokter terlebih dahulu.

Konsumsi Kacang Merah

Bagian yang diambil dari kacang merah untuk menghilangkan batu ginjal adalah kaldunya. Karena itulah, Anda hanya perlu merebus kacang merah dengan air selama beberapa menit saja. Jika telah rebusan kacang merah sudah matang, Anda dapat meminum kaldunya secara langsung setelah kaldu tersebut tidak lagi terasa panas.

Meskipun begitu, kacang merah juga bisa dimakan dengan cara menjadikannya sebagai sup. Tetapi tetap saja, yang paling dianjurkan adalah konsumsi kaldu rebusan kacang merah. Karena hal tersebut dinilai lebih efektif untuk mendapatkan manfaatnya untuk menghilangkan batu ginjal

Konsumsi Rumput Gandum

Sekarang ini, rumput gandum tengah populer digunakan untuk menu makanan diet sehat. Hal ini wajar saja, sebab rumput gandum bisa mengeluarkan batu ginjal dan memperbanyak jumlah urine yang dihasilkan oleh tubuh. Tidak hanya itu saja, rumput gandum juga bisa membuat kondisi ginjal menjadi bersih. Karenanya, bagi penderita batu ginjal atau orang yang ingin menjaga kesehatan ginjal, tidak ada salahnya rutin mengonsumsi rumput gandum.

Apakah Mengobati Batu Ginjal Secara Alami Efektif?

Cara alami juga tidak kalah efektif untuk menyembuhkan batu ginjal. Bahkan cara ini jauh lebih aman dan minim risiko dibandingkan dengan cara lainnya. Asalkan, cara ini dilakukan secara disiplin dan juga teratur, maka Anda akan segera terbebas dari batu ginjal. Meskipun begitu, jangan harap Anda memperoleh kesembuhan dalam waktu singkat.

Untuk itulah, dalam hal ini yang menjadi kunci keberhasilan penyembuhan batu ginjal secara alami adalah terletak pada komitmen Anda. Jadi, jika Anda suda memilih penyembuhan batu ginjal dengan cara alami, maka lakukan dengan sungguh-sungguh.

Jadi itulah tadi informasi mengenai tips ampuh mengobati batu ginjal secara alami yang bisa dikerjakan di rumah. Semoga informasi yang telah kami sampaikan di atas bisa berguna dan menambah wawasan Anda mengenai cara mengobati penyakit batu ginjal secara alami.

eBook Terbaru!

ebook diet batu ginjal makanan pencegah batu ginjal
ebook diet batu ginjal makanan pencegah batu ginjal

DIET BATU GINJAL

Download eBook : Diet Batu Ginjal: Makanan Pencegah Batu Ginjal.

Batu ginjal dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak terduga dan bisa memakan waktu berhari-hari untuk hilang.

Namun, eBook ini menjelaskan cara yang terbukti secara medis untuk menurunkan risiko Anda terkena batu ginjal di masa depan, dengan melakukan beberapa langkah sederhana.

Read our privacy policy for more info.

eBook Terbaru!

ebook diet batu ginjal makanan pencegah batu ginjal
ebook diet batu ginjal makanan pencegah batu ginjal

DIET BATU GINJAL

Download eBook : Diet Batu Ginjal: Makanan Pencegah Batu Ginjal.

Batu ginjal dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak terduga dan bisa memakan waktu berhari-hari untuk hilang.

Namun, eBook ini menjelaskan cara yang terbukti secara medis untuk menurunkan risiko Anda terkena batu ginjal di masa depan, dengan melakukan beberapa langkah sederhana.

Read our privacy policy for more info.