Varikokel, gejala tanda obat mengatasinya secara alami — Pernahkah Anda mendengar penyakit varikokel? Atau Anda malah pernah didiagnosis menderita penyakit varikokel. Atau ada keluarga Anda yang gagal tes polisi atau TNI karena memiliki varikokel. Sebenarnya, apasih penyakit ini? Dengan membaca postingan kali ini, diharapkan pembaca dapat mengerti dan memiliki gambaran tentang penyakit varikokel ini.

Apa itu varikokel?

Varikokel adalah pembesaran pembuluh darah balik (vena) di testis. Seperti kita ketahui sebelumnya, bahwa normalnya testis terletak di kantung testis (dinamakan skrotum). Laki-laki sempurna memiliki dua buah testis yang terletak di skrotum. Testis memiliki suplai darah dari bagian perut. Jika pembuluh darah ini membesar, inilah yang dinamakan varikokel.

Penyakit ini sebenarnya mirip-mirip sama penyakit varises di tungkai. Anda mungkin sering melihat pelebaran pembuluh darah di kaki, hal ini jugalah yang terjadi pada penyakit varikokel. Bedanya, varikokel terjadi di daerah kelamin Anda.

Sebagian besar varikokel terjadi di sebelah kiri. Hal ini terjadi karena aliran darah di testis kiri yang berbeda dengan testis sebelah kanan. Selain itu, varikokel seringnya dijumpai pada laki-laki dewasa muda dengan rentang usia 15 – 25 tahun.

Varikokel adalah pembesaran pembuluh darah di skrotum

Dampak adanya varikokel bagi kesehatan

Pernahkan Anda memikirkan, mengapa laki-laki harus memiliki organ testis di luar badan? Bukannya malah merepotkan harus membawa ke dua testis ini diluar badan yang rentan terkena pukulan atau trauma di celana.

Testis terletak di luar badan karena testis berfungsi untuk proses pembentukan sperma. Idealnya, proses pematangan sperma ini membutuhkan suhu yang lebih rendah ketimbang suhu badan. Hal inilah mengapa testis ini berada di luar tubuh laki-laki. Agar mencapai suhu ideal pembentukan sperma, skrotum akan mengerut dan mengendur sesuai dengan suhu lingkungan. Saat suhu lingkungan dingin, skrotum cenderung mengerut agar menghangatkan testis karena testis terletak dekat dengan badan. Saat tubuh lingkungan panas, skrotum cenderung mengendur agar testis tak terlalu panas. Hal ini membuat produksi sperma benar-benar maksimal dan optimal.

Baca juga : Penyebab libido turun

Jika Anda memiliki varikokel, testis akan menjadi lebih panas karena adanya penumpukan darah di skrotum. Ini membuat kualitas sperma menurun dan dalam jangka waktu lama dapat membuat kemandulan bagi pria. Oleh karenanya, jika Anda mengalami kesulitan punya anak dan ada gangguan sperma, jangan-jangan varikokel adalah penyebabnya.

Selain itu, varikokel dapat menyebabkan nyeri pada skrotum. Nyeri yang dirasakan biasanya nyeri tumpul dan menganggu terutama saat setelah olahraga dan aktifitas berat. Mungkin hal inilah yang menjadi pertimbangan untuk para calon perwira TNI yang memiliki varikokel, perlu dioperasi dulu varikokelnya agar saat bertugas berat di medan pertempuran tidak terganggu dengan nyeri-nyeri di skrotum

Penyebab varikokel

Sampai saat ini, penyebab pasti varikokel belum diketahui. Ada yang beranggapan, terjadinya varikokel ini akibat gangguan katup pembuluh darah sama seperti terjadi nya varises kaki. Gangguan katup pembuluh darah ini mungkin disebabkan aktifitas yang berat, tetapi pernyataan ini perlu diuji lagi kebenarannya dengan penelitian lanjutan.

Varikokel juga merujuk pada penyakit yang lebih berat, yaitu tumor ginjal. Tumor ginjal menyebabkan aliran darah testis tersumbat dan berujung pada timbulnya varikokel. Biasanya, kita mencurigai adanya tumor ginjal jika ada varikokel besar hanya di sebelah kanan. Apapun penyebabnya, varikokel memang perlu ditangani agar mengurangi gangguan pembentukan sperma di masa depan.

Tanda varikokel dan gejala varikokel pada pria

Beberapa gejala penyakit varikokel antara lain

  • Terdapat rasa tidak nyaman di skrotum
  • Nyeri di daerah skrotum
  • Setelah aktifitas berat, rasa nyeri dan rasa tidak nyaman di skrotum bertambah berat
  • Rasa nyeri dan tidak nyaman saat berdiri lama dan membaik saat tiduran
  • Tidak ada gejala tetapi saat analisa sperma ada gangguan sperma
  • Salah satu penyebab kemandulan
  • Pada derajat yang berat, varikokel dapat muncul sebagai gambaran kumpulan seperti cacing-cacing di daerah skrotum

Diagnosis varikokel

Seorang ahli urologi biasanya memerlukan pemeriksaan fisik menyeluruh untuk mendiagnosis varikokel. Selain mencari varikokel, Dokter Urologi biasanya akan memeriksa testis Anda untuk melihat apakah varikokel ini mendatangkan kelainan berarti seperti testis menjadi lebih kecil.

Pemeriksaan yang dilakukan yaitu

  • Anda disuruh untuk melepaskan celana dan celana dalam dan diminta berdiri
  • Dokter urologi akan melihat kondisi skrotum Anda, apakah ada varikokel yang terlihat kasat mata
  • Jika tak ada yang terlihat jelas, Anda akan disuruh mengedan kuat. Mengedan kuat membuat pembuluh darah akan semakin tampak jelas
  • Jika sudah mengedan kuat, ternyata tidak ada pembuluh darah yang muncul, Dokter Urologi akan meraba area skrotum Anda. Perabaan tersebut berguna untuk mencari apakah ada pembesaran pembuluh darah yang tak kasat mata

Jika dari pemeriksaan fisik masih belum jelas apakah Anda memiliki varikokel atau tidak, biasanya Dokter Urologi akan melakukan pemeriksaan Ultrasonografi testis. Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan terbaik untuk mengetahui ada tidaknya varikokel

Obat varikokel dengan cara berikut

Varikokel hanya akan diterapi jika

  • Varikokel menimbulkan rasa nyeri, maka Dokter Urologi dapat menanganinya dengan pemberian obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol, untuk mengurangi rasa nyeri. Obat ini hanya menghilangkan nyeri tanpa menghilangkan penyebabnya
  • Varikokel telah menimbulkan gangguan sperma. Dokter Urologi hanya akan mengoperasi varikokel Anda jika Anda datang membawa hasil sperma dan didapatkan kelainan gangguan sperma

Varikokel biasnya diterapi dengna operasi varikokelektomi. Dokter Urologi akan menjepit atau mengikat pembuluh darah yang membesar untuk menghambat aliran darah ke pembuluh tersebut. Biasanya dengan membuat luka kecil di area inguinal.

Berikut link video operasi varikokel : Operasi Varikokel

JaypeeDigital | eBook Reader
Gambar lokasi sayatan saat operasi varikokel
Gambar skema pengikatan varikokel

Konsultasikan masalah kesehatan Anda ke Dokter Urologi

Dr Andika Afriansyah adalah Dokter Urologi Bekasi (RS Mitra Keluarga Bekasi Timur dan RS Tiara) dan Dokter Urologi Jakarta (RS Pusat Persahabatan)